Berbagai Jenis Bunga Cempaka yang Populer di Indonesia

Berbagai Jenis Bunga Cempaka yang Populer di Indonesia

Bunga Cempaka – Banyak sekali mitos yang beredar tentang bunga cempaka, terutama bunga cempaka putih atau lebih populer dengan sebutan kembang atau bunga kantil. Sebagian orang percaya bahwa kembang kantil mempunyai aroma wangi dan warna bunga putih bersih yang membuat orang terpesona.

Bunga cempaka merupakan tanaman bunga yang habitatnya banyak ditemukan di daerah tropis dan sub tropis. Daerah penyebaran bunga ini meliputi negara Asia Tenggara, Asia Selatan, Tiongkok Selatan. Sedangkan di Indonesia tanaman ini banyak dijumpai di daerah Jawa, Sumatra, Maluku, dan Sulawesi.

Bunga cempaka yang ada di Indonesia mempunya beragam jenis seperti bunga cempaka merah, bunga cempaka putih (kantil), bunga cempaka ungu, bunga cempaka kuning, dan bunga cempaka gondok. Dari semua jenis tersebut yang paling populer adalah bunga kantil atau cepaka putih.

Bunga cempaka putih dikenal karena adanya mitos yang melekat pada bunga ini. Sebagian orang percaya bahwa bunga kantil mempunyai aroma yang disukai mahkluk halus. Bahkan ada yang percaya bahwa pohon bunga ini digunakan sebagai rumah mahkluk halus seperti jin dan lainya. Kembang kantil ini juga sering digunakan sebagai ritual untuk memanggil mahkluk halus.

Jenis Bunga Cempaka

Bunga Kantil
pernikdunia.com

Seperti yang sudah disinggung di awal artikel bahwa bunga cempaka memiliki jenis beragam. Kalau dikumpulkan ada lebih dari 50 jenis yang tersebar di seluruh dunia. Sedangkan jenis bunga cempaka yang ada di Indonesia hanya ada sekitar 4 jenis saja.

Dari 4 spesies tersebut memiliki bentuk dan warna bunga yang berbeda-beda. Ada yang berwarna putih, kuning, ungu, dan merah. Dengan warna yang indah dan aroma yang harum tidak heran bila bunga ini banyak digandrungi oleh masyarakat. Berikut adalah beberapa jenis bunga cepaka yang banyak dijumpai di Indonesia.

Bunga Cempaka Putih atau Bunga Kantil

Bunga Cempaka Putih
agarwood.org.vn

Bunga ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bunga dengan nama latin Michelia Alba bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 3o meter. Pada bagian ranting terdapat bulu-bulu halus yang berwarna keabu-abuan. Jenis daunnya merupakan daun tunggal dengan bntuk telor dan memiliki warn ahijau cerah.

Saat masih muda bunga cempaka ini memiliki warna hijau setelah mekar warnanya berubah menjadi putih bersih. Saat ini bunga cempaka putih merupakan flora yang menjadi ciri khas provinsi Jawa Tengah. Bagi masyarakat Jawa bunga kantil digunakan dalam berbagai upacara adat seperti menghias senjata pusaka, menjadi hiasan pengantin sedangkan dalam prosesi kematian bunga ini digunakan sebagai bunga tabur dan penghias keranda jenazah.

Bunga Cempaka Merah

Bunga Cempaka Merah
infoagribisnis.com

Meskipun tidak sepopuler bunga cempaka putih, bunga cempaka merah memiliki ciri khas tersendiri. Bunga yang masih masuk di dalam keluarga magnoliaceae mempunyai bunga warna merah muda yang tumbuh di ujung ranting. Meskipun mempunyai ukuran mungil yakni 5 sampai 7 cm dengan kelopak bunga yang bersusun rapi.

Aroma yang harum yang dihasilkan dari bunga cempaka merah sangat khas dan tejam. Namun demikian proses mekarnya bunga ini sangat singkat yakni sekitar 2 jam saja, setelah itu bunga akan layu dan berbentuk seperti bunga cempaka biasa.

Meskipun bentuk bunga cempaka merah tidak seindah tanaman hias bunga yang lain tetapi tanaman ini sudah terlanjur menjadi buruan para kolektor tanaman hias. Karena kelangkaan bunga ini membuat bunga cempaka merah dibrandrol dengan harga selangit. Untuk mendapatkan sekuntum bunga cempaka merah Anda harus siap merogoh kocek sebesar 1-3 juta.

Tidak hanya kuntum bunganya saja yang mempunyai harga selangit, bagian pohon juga dibandrol dengan harga sangat tinggi. Untuk satu batang pohon biasanya dihargai 10-15 juta tergantung kualitas tanamannya. Sulitnya untuk mengembangkan tanaman ini membuat keberadaannya sangat langka sehingga harga yang ditawarkan juga sangat mahal.

Bunga Cempaka Kuning

Bunga Cempaka Kuning
pernikdunia.com

Tanaman ini sering mendapatkan bunga cempaka wangi karena mempunyai aroma yang khas. Ketika dewasa tanaman ini bisa tumbuh dan mencapai ketinggian 25 meter. Daunnya mempunyai betuk telur bulat dengan warna hijau cerah dan bagian ujungnya runcing. Bunganya berwana kuning keruh mendekati warna jingga serta memiliki aroma yang sangat harum sehingga banyak orang yang menjulukinya bunga cempaka wangi.

Bunga cempaka kuning menjadi salah satu flora identitas Provinsi Aceh. Di daerah tersebut bunga ini dikenal dengan nama Bungong Jeumpa Gadeng. Untuk memperbanyak tanaman ini bisa dilakukan dengan 2 cara yakni dengan cara mencangkoknya atau bisa juga dengan menanam bijinya. Bila Anda ingin menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias sebaiknya mengambil bibit dengan cara cangkok. Tujuannya agar tanaman tidak tumbuh terlalu tinggi.

Bunga Cempaka Ungu

Bunga Cempaka Ungu
bibitbunga.com

Tanaman yang mempunyai nama latin Magnolia Liliaflora tidak kalah indah dengan bunga cempaka yang lain. Bagian kelopak bunga dengan warna ungu terang dan aroma yang harum membuat banyak orang yang terpesona dengan keindahan bunga ini.

Meskipun jumlah daun pada tanaman ini tidak banyak hal tersebut tertutupi dengan jumlah bunga yang banyak pada setiap rantingnya. Bunga cempaka ungu akan berbunga ketika awal musim hujan dan bisa tumbuh dengan optimal bila ditanam di daerah dataran tinggi dengan suhu 20-26 derajat Celcius.