Informasi Lengkap Jenis, dan Manfaat Bunga Kamboja

Bunga Kamboja

Bunga Kamboja – Apa yang terlintas dibenak Anda ketika mendengar nama bunga kamboja? Sebagian orang mungkin akan merasa takut atau merinding, ya bunga ini memang tanaman yang sering dijumpai di sekitar pemakaman. Tetapi tahukah Anda sebenarnya ada beberapa jenis bunga kamboja yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias, salah satunya bunga kamboja Jepang.

Ya, bunga kamboja merupakan salah satu jenis tanaman hias bunga yang banyak digemari di Indonesia karena memiliki bentuk yang cantik dan menawan. Warna yang dihasilkan dari bunga ini juga beragam tergantung dari jenisnya. Selain itu bunga kamboja juga memiliki aroma khas yang harus seperti bunga mawar.

Bunga kamboja ini bukanlah tanaman asli Indonesia, tanaman ini berasal dari negara Amerika, Asia Barat, serta Afrika. Jenis tanaman hias ini merupakan tanaman yang tahan banting dan tahan terhadap perubahan cuaca. Bunga kamboja merupakan tanaman yang bisa hidup hingga ratusan tahun.

Jenis- Jenis Bunga Kamboja

Jenis Bunga Kamboja

Jenis Bunga Kamboja – pixabay.com

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa tanaman ini memiliki beberapa jenis. Setiap jenis mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, bahkan sebagian mempunyai warna bunga yang berbeda.

Perbedaan lainnya bisa dilihat pada bentuk bunganya, ada yang memiliki mahkota bunga bertumpuk, ada juga yang mahkota bunganya menggulung. Selain itu ada bunga yang mempunyai aroma harum tetapi ada juga yang tidak mempunyai aroma. Berikut adalah beberapa jenis bunga kamboja yang sering dijumpai di Indonesia.

Adenium Obesum

Jenis bunga kamboja ini sering disebut dengan nama desert rose atau karoo rose, tanaman ini banyak ditemukan di daerah timur Afirika dan bagian Selatan Arabia. Saat ini bunga kamboja jenis ini sudah banyak dijumpai di Indonesia.

Di habitat aslinya tumbuhan ini tumbuh menyemak, ukuran pohonnya bisa sampai 10-12 meter. Sedangkan di Indonesia ukuran bunga kamboja ini cukup pendek yakni 1-2 meter saja. Warna bunga cenderung berwarna merah di tepi petal dan putih di tengah, dari spesies ini ditemukan beberapa varian.

Adenium multiflorum

Tanaman ini bisa bertahan pada lingkungan yang dingin dan kering. Bunga kamboja yang kedua ini memiliki bentuk bunga yang paling indah dibandingkan dengan jenis yang lain. Bunga berbentuk bintang dengan warna merah tua di bagian petal, dan putih atau merah cerah di tengah-tengah petal.

Ukuran bunganya tidak jauh berbeda dengan ukuran jenis adenium lain sekitar 6-7 cm. Meskipun berbunga hanya satu tahun sekali tetapi tanaman ini akan terus berbunga dalam kurun waktu cukup lama yakni 2-4 bulan.

Adenium swazicum

Dari semua jenis bunga kamboja, jenis ini termasuk yang paling mudah untuk dibudidayakan. Anda bisa menanamnya dengan cara mencangkok ataupun hanya dengan menanam bijinya. Kekurangan dari jenis swazium adalah pertumbuhan yang lambat sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk bisa berbunga.

Warna daun hijau cerah dengan sedikit bulu pada permukaannya. Sedangkan warna bunganya cenderung berwarna merah muda cerah. Pada saat musim gugur tanaman ini menggugurkan semua daunnya akan berjatuhan, dan ketika tiba musim semi baru akan tumbuh tunas-tunas baru.

Adenium boehmianum

Spesies ini banyak tumbuh di daerah bebatuan. Tanaman ini mempunyai ciri khusus yakni mempunyai banyak cabang serta batangnya bisa tumbuh sampai 10 meter. Kamboja jenis ini banyak dijumpai di negara Anggola Selatan. Bentuk bunganya sama dengan kamboja jenis Adenium swazicum.

Bunga kamboja jenis ini berwarna merah muda dengan corak warna ungu. Masa berbunga tanaman ini tidaklah panjang hanya sekitar 1-2 minggu saja, ditambah pertumbuhan yang lambat membuat bunga ini jarak dijadikan sebagai tanaman hias.

Adenium arabicum

Bunga kamboja jenis Adenium arabicum merupakan spesies yang sangat langka. Tanaman ini ditemukan tumbuh di daerah sekitar Semenanjung Arab dan Yaman. Adenium arabicum mempunyai bentuk yang sangat eksotik, dengan atang yang kuat dengan banyak cabang serta bunga dengan warna merah muda dan putih membuat tanaman ini diburu banyak orang.

Tanaman ini sangat sulit untuk diperbanyak, habitat hidupnya banyak ditemukan di daerah Semenanjung Arab. Jenis ini tergolong sangat rajin berbunga. Pada musim dingin tanaman ini mengalami dormansi, ditandai bergugurannya secara bertahap. Pada musim panas tanaman kembali berdaun diikuti munculnya ratusan bunga yang memenuhi ranting-ranting pohon.

Cara Menanam Bunga Kamboja

Menanam Bunga Kamboja

Menanam Bunga Kamboja – bol.com

Untuk menanam bunga kamboja bisa dilakukan dengan beberapa cara salah satunya melalaui stek batang. Cara budidaya tanaman ini tergolong cukup mudah, Anda hanya perlu memperlajari dasar-dasar teknik menanam sederhana. Bagian tersulit dari budidaya bunga kamboja yakni bagian pembibitan yang yang dilakukan dengan cara stek.

Bila Anda belum menguasai teknik stek bisa membaca artikel tetang cara stek tanaman dengan cara mudah. Pada artikel tersebut telah dibahas secara mendetail mengenai teknik dan cara stek tanaman. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan bibit dengan cara mencangkok (Cara Mencangkok Tanaman). Setelah mendapatkan bibit bunga kamboja langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanamsebagai tempat menanam bunga kemboja.

Untuk media tanamnya Anda bisa menggunakan polybag atau pot, isi polybag dengan 100 sampai dengan 200 liter tanah. Setelah itu buatlah lubang di dalam polybag tersebut dengan kedalaman sekitar 10-20 cm. Pastikan bahwa tempat Anda menanam kamboja tersebut tidak banyak batu sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Setelah selesai penanaman selanjutnya adalah melakukan perawatan sampai bunga kamboja tumbuh besar. Perawatan tanaman ini cukup mudah yakni dengan memberikan penyiraman apabila media tanam terlihat kering. Selain itu juga mengeluarkan tanaman agar terkena sinar matahari secara langsung. Yup, tanaman ini akan tumbuh dengan baik apabila memperoleh rangsangan sinar matahari secara cukup.

Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Kamboja

Manfaat Bunga Kamboja – pixabay.com

Dibalik keindahan dan semerbak harumnya, bunga kamboja ternyata menyimpan berbagai manfaat yang luar biasa. Sebagain besar masyarakat di Indonesia menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias, di Bali bagi agama tertentu menggunakan bunga kamboja untuk menggelar berbagai upacara keagamaan.

Tetapi mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa bunga kamboja termasuk bunga yang bisa dimakan layaknya bunga pepaya dan bunga turi. Bukan hanya itu, ternyata dengan memakan bunga tersebut memberikan efek positif bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat bunga kamboja bagi kesehatan.

Bunga Kamboja Sebagai Antibiotik dan Mengobati Sakit Gigi

Getah kamboja mengandung zat triterpenoid, flavonoid, alkaloid, dan tanin yang sangat bermanfaat sebagai antibiotik bila digunakan dengan dosis yang tepat. Selain itu tanaman kamboja disebut-sebut sangat ampuh untuk mengatasi gigi berlubang.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu meneteskan getah kamboja ke kapas kemudian disumpalkan ke gigi yang berlubang. Dosisnya cukup 1-2 kali sehari. Perlu diketahui pengobatan dengan getah kamboja ini sifatnya hanya sementara, dan hanya mengurangi rasi sakit. Untuk pengobatan secara menyeluruh bisa berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter pribadi.

Manfaat Bunga Kamboja untuk Mengobati Bisul

Apakah Anda pernah terkena bisul? Jika pernah pasti tidak akan pernah lupa rasa sakitnya bukan. Bila Anda terkena bisul lagi bisa mencoba pengobatan dengan bunga kamboja. Cara nya juga cukup mudah yakni dengan memanaskan daun kamboja sampai layu kemudian oleskan minyak zaitun pada daun tersebut.

Setelah itu tempelkan daun kamboja ke bagian tubuh yang terkena bisul, biarkan daun sampai mengering. Setelah daun kering ganti dengan daun yang baru dengan langkah seperti di atas.

Mengobati Kaki Bengkak

Selain kelopak bunganya akar dan batang tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Salah satu manfaatnya adalah mengobati kaki bengkak dan tumit yang pecah-pecah. Caranya pengobatannya juga cukup mudah, Anda bisa merebus akar dan daun bunga kamboja sampai mendidih kemudian tambah sedikit garam mineral. Gunakan air rebusan tersebut untuk merendam kaki yang sakit. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari secara rutin sampai sembuh.

Gonorrhoea dan Borok

Ada yang menyakini bahwa salah satu manfaat dari bunga kamboja adalah untuk mengobati penyakit menular seksual (PMS) kencing nanah atau biasa disebut dengan istilah gonorrhoea. Caranya juga cukup mudah, oleskan getah kamboja pada borok atau bagian yang menderita penyakit.

Itulah beberapa pengetahuan mengenai bunga kamboja. Dengan membaca artikel ini Anda pasti sudah tau bukan apa saja jenis dan manfaat bunga kamboja. Salah satu keuntungan dari pengobatan ini adalah tanpa menimbulkan efek samping, sehingga relatif aman. Tetapi untuk penggunaannya sebaiknya tetap berkonsultasi dengan ahli kesehatan di sekitar Anda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});