Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan

Bunga Rosella

Bunga Rosella – Khasiat bunga rosella sedang menjadi pembicaraan di kalangan ahli pengobatan alternatif. Hal itu tidak lepas semakin banyaknya teh herbal yang memanfaatkan bunga rosella sebagai bahan dasarnya. Bunga rosella merupakan tanaman yang berasal dari negara Afrika, saat ini tanaman ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Di negara asalnya bunga yang mempunyai warna merah cerah ini banya digunakan sebagai bahan pembuatan teh yang diminum ketika musim dingin tiba. Bukan hanya itu, bunga dari tanaman ini juga diolah menjadi selai dengan rasa yang sangat nikmat.

Seiring berjalannya waktu dan banyaknya penelitian yang dilakukan, bunga rosella dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menangani beberapa penyakit. Tidak heran bila saat ini banyak sekali orang yang membudidayakan tanaman ini untuk dijual kembali ataupun hanya untuk keonsumsi pribadi.

Khasiat Bunga Rosella untuk Kesehatan

Bunga Rosella

deherba.com

Sebenarnya seluruh bagian tanaman ini mempunyai manfaatnya tersendiri, mulai dari kelopak bunga, buah, sampai daunnya. Selain bisa digunakan untuk membuat teh, salad, puding, dan sirup, bunga rosella sangat ampuh digunakan sebagai obat berbagai jenis penyakit seperti kanker dan hipertensi.

Di dalam bunga ini terdapat kandungan gizi yang baik untuk tubuh seperti protrin, niasin, riboflavia, dan juga zat besi dalam kadar yang cukup tinggi. Bahkan kandungan zat besi di dalam bunga rosella bisa mencapai 8,89 mg/100 gramnya. Selain zat di atas bunga rosella juga mengandung viatamin A, vitamin C , dan berbagai zat asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Kandungan protein dan kalsium pada bunga ini juga cukup tinggi sehingga membantu tubuh dalam proses pembentukan sel darah merah. Dengan mengkonsumsinya secara konsisten maka kebutuhan tubuh akan zat besi bisa terpenuhi sehingga membuat tubuh menjadi lebih bugar. Berikut adalah beberapa manfaat bunga rosella untuk kesehatan.

Khasiat Teh Bunga Rosella

elevenia.co.id

Menurunkan Tekanan Darah

Teh dari bunga rosella bisa menjadi pilihan Anda untuk mengurangi tekanan darah. Zat kimia yang terkandung di dalam bunga rosella bisa membantu orang-orang dari masalah koleterol. Ketika tekanan darah meningkat hal tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih tegang.

Dengan meminum teh bunga rosella secara teratur akan membutuh tubuh dalam mengontrol tekanan darah sehingga mengurasngi dampak negatif pada kesehatan. Pada terapi teh resolla yang mengkonsumsi selama 12 hari, terdapat penurunan tekanan darah sistolik mencapai 11,2 %.

Manfaat Bunga Rosella untuk Diet Alami

Masalah berat badang merupakan masalah klasik yang dialami oleh banyak orang. Nah, teh bunga rosella merupakan salah satu solusi sempurna bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan secara alami. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada bunga ini membantu tubuh untuk melepaskan lemak dan kolestrol.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa mengkonsumsi teh bunga rosella pada waktu pagi dan malam hari sebelum tidur. Hal ini untuk memperkuat metabolisme tubuh, sehingga bisa berdampak positif pada usaha Anda untuk memiliki tubuh ideal.

Manfaat Bunga Rosella

sitkes.com

Meningkatkan Sistem kekebalan

Teh bunga rosella mempunyai zat akatif yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang sudah diketahui kekebalan tubuh yang baik akan membantu tubuh dalam mencegah berbagai penyakit dan virus yang akan menyerang tubuh.

Dengan mengkonsumsi bunga rosella pada pagi hari secara teratur akan membuat sistem kekebalan tubuh kita meningkat secara bertahap. Selain meminum ramuan herbal ini tentu Anda harus mengimbanginya dengan olahraga secara teratur.

Khasiat Bunga Rosella Sebagai Sumber Antioksidan

Pada kelopak bunga rosella terdapat zat yang disebut dengan senyawa fenolik. Kandungan antioksidan pada bunga rosella 2 kali lipat lebih besar dibadingkan dengan tanaman kumis kucing. Selain antioksidan, bunga rosella juga mengandung senyawa lain seperti antosianin dan gossipetin yang sangat penting untuk tubuh.

Kedua zat tersebut mampu menambah daya tahan tubuh serta mencegah dari serangan penyakit seperti gejala penyakit diabetes, gejala penyakit jantung, sampai gejala kanker.

Pencegahan kanker

Dalam sebuah penelitian terungkap bahwa di dalam bunga rosella terdapat zat yang bisa menghambat perkembangan sel kanker. Dengan mengkonsumsi tanaman ini secara teratur akan membantu Anda dalam mencegah kerusakan DNA pada sel. Kerusakan ini dapat ditanggulangi dengan manfaat bunga rosella, seperti pencegahan pada gejala kanker darah (leukimia).

Itulah beberapa manfaat dan khasiat bunga rosella yang bisa Anda gunakan sebagai tanaman herbal dan juga pengobatan alternatif untuk penyakit tertentu. Semoga bermanfaat.