Ini Manfaat Bunga Kembang Sepatu untuk Kesehatan

Ini Manfaat Bunga Kembang Sepatu untuk Kesehatan

Bunga Sepatu – Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan bunga sepatu bukan? Tanaman yang biasa disebut kembang sepatu ini memang mempunyai warna dan bentuk yang indah. Bunga yang mempunyai nama latin Hibiscus rosa-sinensis L ini mempunyai variasi warna yang beragam seperti kuning, putih, orange, pink atau pun warna lain.

Pesonan keindahan kembang sepatu dengan warna yang mencolok mampu menyegarkan mata dan memperindah taman di pekarangan rumah. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di daerah dengan iklim tropis, oleh karena itulah hampir seluruh daerah di Indonesia bisa menanam bunga sepatu dengan baik.

Apakah taman rumah Anda sudah mempunyai bunga hias ini? Jika belum segeralah untuk menanamnya. Bila Anda bisa merawatnya dengan baik dan benar, Anda akan menikmati pemandangan bunga-bunga yang indah yang tumbuh mekar setiap hari. Selain itu bunga kembang sepatu ini juga mempunyai beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Bunga Kembang Sepatu Kesehatan

Manfaat Bunga Sepatu
Manfaat Bunga Sepatu

Seperti yang sudah disinggung di awal, bunga sepatu tidak hanya mempunyai bentuk dan warna yang indah, tetapi tanaman ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehata. Hampir semua bagian tanaman seperti akar, daun, bunga, batang, dan kelopak bunga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bagian bunga dari tanamann kembang sepatu mengandung glucoside hibiscin dan peptin anthocyanin yang mempunyai efek choleretic dan diuretic yang berfungsi untuk mencegah tekanan darah tinggi, memperlancar peredaran darah, serta Asam aminonya berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Sedangkan pada bagian akar dan daunnya mengandung peroxidase, Calcium oksalat, protein, dan lemak. Bunga kembang sepatu semakin dikenal luas oleh masyarakat setelah berbagai produk kesehatan dari tanaman ini dijual di pasaran.

Produk-produk tersebut seperti rajangan teh yang dibuat dari kembang sepatu yang memiliki beragam manfaat seperti menyembuhkan demam, mengeluarkan racun dari tubuh, dan mengobati penyakit seperti batuk, sariawan, gondok, bronkhitis, sakit kepala dan gonorhoe. Berikut adalah beberapa manfaat dari tanaman kembang sepatu.

Bunga Sepatu untuk Mengeluarkan Racun

Teh yang dibuat dari bunga kembang sepatu mempunyai kandungan oksidan yang cukup tinggi. Zat antioksidan inilah yang akan membantu tubuh dalam melawan dan mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu teh bunga sepatu juga bermanfaat untuk melawan sel kanker dan mengurangi kandungan kolestrol jahat di dalam darah. Saat ini banyak yang menjual teh dari bunga sepatu untuk kesehata.

Bunga Kembang Sepatu
Bunga Kembang Sepatu – pixabay.com

Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan Kulit

Kandungan minyak yang ada di dalam tanaman kembang sepatu mempunyai manfaat untuk membersihkan kulit wajah, membantu mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit Anda lebih halus. Selain itu pada bagian bunga juga mengandung zat anti inflamasi yang berkhasiat untuk mencegah timbulnya jerawat dan penuaan dini. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil beberapa kelopak bunga kembang sepatu kemudian remas dan usapkan pada daerah sekitar leher dan wajah dengan ,embut.

Khasiat Kembang Sepatu untuk Menurunkan Berat Badan

Siapa yang tidak ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, terutama untuk kaum hawa yang ingin mempunyai tubuh langsing. Tetapi karena pola makan yang tidak sehat membuat badan Anda penuh dengan tumbukan kalori, dan lemak sehingga menyebabkan kegemukan. Kandungan antioksidan pada kembang sepatu akan membantu tumbuh Anda dalam mengeluarkan racun dan lemak yang ada di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi teh bunga sepatu dengan teratur akan membantu Anda mendapatkan tubuh ideal.

Mengatasi PMS dengan Kembang Sepatu

Premenstrual Syndrom atau biasa disebut dengan PMS merupakan masalah yang dialami oleh setiap wanita ketika menjelang menstruasi dimana terjadinya perubahan hormonal yang mengakibatkan suasana hati menjadi tak karuan. Pada fase ini wanita cenderung emosinal dan mudah marah, untuk mengatasinya Anda bisa mencoba mengkonsumsi teh bunga sepatu secara teratur sehingga akan membuat perasaan Anda lebih tenang.

Manfaat Bunga Kembang Sepatu untuk Kecantikan Rambut

Khasiat Bunga Sepatu
Khasiat Bunga Sepatu

Rasanya tidak ada habisnya bila membicarakan manfaat bunga yang satu ini. Bunga dengan bentuk kelopak yang indah serta warna yang menawan ini ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk perawatan kesehatan rambut. Bunga ini banyak mengandung vitamin dan mineral penting untuk kesehatan rambut.

Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah membuat masker rambut dari kembang sepatu. Nutrisi yang terkandung di dalam bunga sepatu akan meresap ke dalam kulit kepala sehingga bisa mengatasi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat dari tanaman ini, Anda hanya perlu membuat masker dari kelopak kembang sepatu. Campurkan kelopak bunga sepatu dan beberapa lembar daun bunga sepatu yang sudah dihaluskan dengan sedikit air. Gunakan untuk masker di kulit kepala. Selain itu Anda juga bisa membuat shampo dan Conditioner dari tanaman ini. Tidak hanya sampai di situ, bunga kembang sepatu ini juga bisa digunakan untuk mewarnai rambut secara alami. Bagaimana, menarik bukan?

Itulah beberapa ulasan tentang manfaat bunga sepatu serta berbagai manfaat kembang sepatu untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan bagi Anda.