Mitos Bunga Wijaya Kusuma dengan Beragam Manfaatnya

Bunga Wijaya Kusuma

Bunga Wijaya Kusuma – Apakah Anda pernah mendengar kembang wijaya kusuma?  Mungkin sebagian orang akan mengernyitkan dahi untuk sekedar mengingat atau mencari tahu tentang tanaman ini. Tidak heran bila Anda tidak mengetahuinya, bunga wijaya kusuma memang hanya populer di kalangan tertentu.

Nama bunga ini memang tidak sepopuler bunga mawar yang langsung diketahui bila disebutkan namanya dan langsung ingat akan bentuk dan aroma dari bunga ini. Epipyllum oxypetalum merupakan nama latin dari bunga wijaya kusuma atau populer juga dengan sebutan bunga ratu malam. Nama bunga ratu malam diberikan karena bunga ini akan terlihat keindahannya hanya pada malam hari.

Bunga wijaya kusuma mempunyai sifat yang unik yakni hanya akan mekar bunganya ketika malam hari saja. Ketika pagi tiba, bersama dengan terbitnya matahari maka bunga ini akan layu dan kelopak bunga yang berjajar rapi akan berguguran satu per satu.

Legenda dan Mitos Bunga Wijaya Kusuma

Mitos Bunga Wijaya Kusuma

Mitos Bunga Wijaya Kusuma – pixabay.com

Selain bentuk bunga yang indah, bunga wijaya kusuma menyimpan berbagai misteri dan mitos yang dipercayai oleh beberapa masyarakat. Bunga ini hanya mekar di malam hari saja, tidak heranbila banyak orang yang penasaran dengan bunga yang satu ini.

Sebagian masyarakat Jawa bunga wijaya kusuma dipercaya sebagai bunga yang mempunyai kekuatan mistis. Ada banyak sekali mitos yang beredar, mulai yang terdengar biasa sampai yang serius. Ada yang percaya bahwa ketika halaman rumah ditumbuhi bunga ini dan mempunyai bunga akan memudahkan pemilik rumah dalam mendapatkan banyak rezeki.

Ada juga legenda yang berkaitan dengan kembang wijaya kusuma ini di beberapa daerah. Di kalangan keraton dipercaya bahwa salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seorang raja bila ingin naik tahta yakni harus mempunyai sekuntum kembang wit wijaya kusuma.

Wit wijaya kusuma tersebut mempunyai makna yang luas, wit (batang pohon) merupakanbagian utama dari tanaman agar bisa berdiri dengan tegak.Halitu menjadi simbol bahwa seorang raja harus bisa menjadi pengayom bagi rakyat yang dipimpinnya.

Bentuk Tanaman Wijaya Kusuma

Tanaman Wijaya Kusuma

Tanaman Wijaya Kusuma – pixabay.com

Bunga wijaya kusuma masih tergolong dalam keluarga kaktus, yang berasal negara Amerika dan Venezuela serta hidup pada daerah yang beiklim sedang sampai tropis. Seperti tanaman kaktus yang lain bunga ini juga mempunyai batang yang terbentuk dari helaian daun yang mengeras. Tinggi batang tanaman ini bisa mancapai 2-3 meter sedangkan lebar daunnya bekisar antara 13–15 cm.

Helaian daun kembang wijaya kusuma berbentuh pipih berwarna hijau dengan permukaan halus tanpa duri. Pada bagian tepi daun terdapat lekukan yang ditumbuhi tunas daun atupun kembang. Sedangkan bentuk bunganya terdiri dari kelopak yang tertata dengan rapi, diameter bunganya adalah 10 cm, berwarna putih dan hanya mekar di malam hari.

Bentuk biji bunga ini menyerupai biji kaktus berbentuk bulat dengan warna merah dan mempunyai biji kecil berwarna hitam. Untuk mengembangbiakan tanaman ini bisa dilakukan dengan cara stek ataupun dengan menyemaikan biji bunga.

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma – blog.umy.ac.id

Selain bentuk yang indah dan aroma yang harum serta berbagai mitos yang mengiringinya bunga wijaya kusuma memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Cara mendapatkan manfaat dari tanaman ini cukup mudah, untuk mengobati luka luar bisa langsung menghaluskan bagian batang kemudian ditempelkan pada bagian yang mau diobati.

Sedangkan untuk obat dalam bisa dilakukan dengan merebus beberapa kuntum bunga kemudian meminum air rebusan tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bunga wijaya kusuma.

  1. Bunga wijaya kusuma bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit serta menetralisir pembekuan darah
  2. Mempercepat dalam proses penyembuhan luka abses
  3. Wijayakusuma bisa digunakan sebagai obat obat batuk, anti radang, juga pendarahan (hemostatis)
  4. Untuk mengobati berbagai penyakit lain seperti tuberkulosis paru dengan batuk asma, batuk darah dan muntah darah

Itulah beberapa manfaat bunga wijaya kusuma, semoga artikel pendek ini bisa menambah pengetahuan Anda mengenai tanaman. Semoga bermanfaat.