Kiat dan Cara Menanam Jagung Manis Berkualitas Tinggi

Cara Menanam Jagung Manis

Cara Menanam Jagung Manis – Jagung manis merupakan tanaman yang rentan pada hama, oleh karena itu cara menanam jagung ini sebaiknya mengikuti cara budidaya jagung yang baik dan benar. Meskipun budidaya jagung manis cukup menguras tenaga tetapi harga jual dari komoditas ini cukup tinggi sehingga sangat pontensial untuk dibudidayakan. Beberda dengan jagung biasa yang biasa dipanen ketika sudah tua, jagung manis dipanen ketika masih muda. Ya, karena jagung ini biasa dijual dalam bentuk jagung bakar atau rebus sehingga harus dipanen ketika jagung masih berusia muda.

Jenis jagung manis yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah jenis dent dan flint. Jenis tanaman ini memiliki rasa yang cukup manis, penyebabnya adalah terjadinya proses mutasi gen resesif yang menghambat perubahan gula menjadi pati. Kadar gula pada jagung manis akan mulai meningkat ketika memasuki hari ke 5 sampai hari ke 15.

Langkah dan Cara Menanam Jagung Manis

Cara Menanam Jagung

Cara Menanam Jagung – pixabay.com

Budidaya jagung manis bisa dilakukan di banyak daerah, hal ini karena sifat dari tanaman ini yang sangat mudah beradaptasi lahan baru. Di Indonesia budidaya jagung manis dilakukan di daerah datara rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 1.500 meter di atas permukaan laut. Bahkan di luar negeri ada yang menanam jagung di daerah dengan ketinggian mencapai 3.000 di atas permukaan laut.

Suhu lingkungan yang baik untuk menanam jagung ini berkisar di antara 21 sampai 27 derajat celsius. Sedangkan kadar ke asaman tanah yang baik untuk budidaya tanaman ini sekitar 5-8 pH. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari tanaman ini pastikan kebutuhan unsur hara pada tanaman tercukupi. Selain itu tumbuhan ini juga memerlukan zat nitrogen dalam jumlah yang besar. Agar tanaman bisa tumbuh dengan subur, pemberian pupuk sebaiknya perhatikan keseimbangan antara nitrogen, kalium (K) dan pospat (P).

Mengolah Lahan Tanam Jagung

Mengolah Lahan Budidaya Jagung Manis

Mengolah Lahan Budidaya Jagung Manis – pixabay.com

Untuk menanam jagung manis Anda bisa menananm jagung pada lahan bekas sawah atau membuat lahan baru dengan membuat bedengan. Apabila menggunakan lahan bekas sawah, usahakan agar lahan tidak tergenang air, kemudian bersihkan tanaman-tanaman gulma yang tersisa. Bedengan bisa dibuat dengan ukuran lebar sekitar 1 meter dengan tinggi 20-30 cm, jarak antar bedengan 30 cm dan dalam satu bedengan terdapat 2 larikan untuk ditanami jagung.

Untuk pemupukan awal bisa menggunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran ayam dan kotoran sapi atau kambing. Campurkan kedua jenis pupuk tersebut dengan perbandingan 1:1. Pada pupuk dari kotoran ayam banyak mengandung unsur nitrogen yang cepat terurai, sedangkan pupuk kandang dari kotoran sapi atau kambing banyak mengandung unsur kalium (K) dan pospat (P). Dengan kombinasi keduanya akan memberikan banyak asupan unsur hara yang dibutuhkan oleh jagung untuk bisa tumbuh dengan subur.

Menanam dan Merawat Jagung Manis

Menanam Jagung Manis

Menanam Jagung Manis – pixabay.com

Setelah lahan tanam selesai disiapkan selanjutnya adalah melakukan persiapan untuk menanam jagung manis. Cara menanam jagung yang paling efekfif adalah dengan cara di tugal. Buatlah lubang pada larikan dengan kedalaman 2-3 cm, kemudian masukan 2 butir bibit jagung. Setelah itu tutup lubang dengan menggunakan kompos dan siram dengan air agar kelembaban tanah terjaga.

Dalam satu hektar lahan memerlukan bibit jagung masnis ekitar 8 kg. Untuk jarak tanam jagung manis yang baik sekitar  60-75 cm, jarak tersebut adalah jarak ideal untuk mengatur jumlah populasi jagung di lahan. Jagung manus akan berkembang dengan baik bila dalam satu hektar lahan hanya ditumbuhi sekeitar 34.000-37.000 tanaman jagung.

Pemeliharaan dan Pengedalian Hama Tanaman

Seperti budidaya cabe, budidaya jagung manis juga memerlukan perawatan yang cukup intens. Bila jagung ditanam pada musim kemarau diperlukan penyiraman untuk menjaga kelembaban tanah. Selain itu pemupukan susulan juga diperlukan untuk menjaga kandungan unsur hara di dalam tanah. Pemupukan susulan dilakukan setelah tanaman berusia 2 bulan setelah bibit ditanam.

Memelihara Tanaman Jagung

Memelihara Tanaman Jagung – pixabay.com

Selain melakukan perawatan seperti yang disebutkan di atas, perawatan selanjutnya dalam budidaya jagung manis adalah dengan mengendalikan hama dan penyakit yang menyerang tanaman. Tanaman jagung manis memiliki banyak jenis hama yang menyerang seperti Penggerek batang jagung (O. furnacalis), Ulat Tongkol (H. armigera), Kutu Daun (R. maidis), Belalang (Oxya spp.), dan Tikus (Rattus argentiventer). Untuk mengatasi hama tersebut tentu diperlukan penanganan khusus, karena setiap jenis hama mempunyai cara tersendiri dalam memberantasnya.

Di samping hama yang menyerang jagung manis juga rawan pada penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri, terutama bila menanam jagung manis di daerah tropis. Jenis penyakit yang menyerang biasanya seperti Bule (Peronosclespora Maydis), Karat (Puccinia sorghi), Hawar daun (Helminthosporium turcicum), Hawar daun (Curvularia sp.) dan Hawar pelepah (Rhizoctonia solani). Untuk mengatasi serangan penyakit ini bisa menggunakan fungisida.

Panen Budidaya Jagung Manis

Panen Jagung Manis

Panen Jagung Manis – pixabay.com

Jangung manis biasanya sudah mulai mengeluarkan bunga ketika berusia 50 hari semenjak bibit ditanam. Ketika jagung sudah mulai mengeluarkan tongkol, biasanya akan ada 2 tongkal jagung sehingga perlu untuk menghilangkan tongkol yang bagian bawah agar jagung bisa tumbuh dengan maksimal. Setelah pengambilan tongkol muda, papaslah daun yang ada di bawah tongkol. Panen utama jagung manis bisa dilakukan ketika jagung berumur 65-75 hari.

Setelah jagung selesai dipanen langsung bisa dijual kepada pengepul atau langsung menjualnya sendiri untuk dijadikan jagung rebus atau jagung bakar. Cukup sampai disini dulu artikel cara menanam jagung manis, semoga bisa memberikan manfaat bagi Anda yang ingin membudidayakan tanaman ini. Anda juga mempelajari cara budidaya pada artikel lainnya seperti cara menanam tomat, cara budidaya jamur tiram.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});