9 Manfaat Buah Kurma Muda Yang Bahkan Melebihi Kurma Matang, Yuk Simak!

Khasiat Kurma Muda

Manfaat Buah Kurma – Apakah kurma menjadi salah satu buah favorit Anda? Dengan teksturnya yang lembut, rasanya yang manis dan lezat, maka tak heran banyak yang menjadikan buah kurma sebagai buah favorit mereka. Buah berwarna coklat ini berasal dari Timur Tengah, khususnya dari Negara Arab. Namun kini, buah tersebut telah menyebar hingga ke Indonesia.

Di Indonesia, kurma semakin populer saat Bulan Ramadhan atau musim haji. Namun, kurma yang biasa Anda konsumsi tersebut adalah kurma matang, dimana dagingnya bertekstur lembut, rasanya amat manis, serta kelezatannya membuat ketagihan. Berbeda dengan kurma muda, ukurannya lebih kecil, tekstur dagingnya lebih keras, serta memiliki warna putih di bagian dalamnya.

Rasa yang dihasilkan kurma muda pastinya tidak semanis kurma matang, meskipun begitu, kurma muda menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat buah kurma muda atau kurma ruthob lebih banyak dibanding kurma matang, hal ini karena kandungannya yang berbeda.

Manfaat Kurma Muda Bagi Kesehatan

Manfaat Kurma Muda

image source : pixabay

Kurma muda mengandung zat besi, kalsum, kolorida, vitamin A, vitamin C, serta vitamin K, dimana senyawa dan vitamin tersebut memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh manusia. Misalnya zat besi untuk mencegah kurang darah, kalsium untuk kesehatan tulang dan pertumbuhan gigi, klorida yang mampu mengeluarkan CO2 dalam tubuh, vitamin C untuk mencegah sariawan, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, jika Anda mengonsumsi buah kurma muda secara rutin, akan banyak manfaat yang Anda peroleh. Untuk lebih jelasnya, yuk simak manfaat buah kurma muda bagi kesehatan tubuh berikut ini:

1. Meningkatkan kesuburan

Pasangan suami istri mana sih yang tidak ingin memiliki keturunan? Tentunya semua orang menginginkannya. Namun, seringkali impian tersebut harus menunggu sangat lama agar terwujud. Hal ini berkaitan dengan tingkat kesuburan sesorang, orang yang memiliki tingkat kesuburan tinggi, cenderung bisa dikaruniai buah hati dalam waktu yang tidak lama.

Nah, kurma muda merupakan salah satu buah yang berkhasiat meningkatkan kesuburan. Sehingga dengan mengonsumi buah Arab ini secara rutin, cepat atau lambat Anda akan dikaruniai seorang anak.

2. Mengurangi pendarahan

Selain meningkatkan kesuburan, manfaat kurma muda juga bisa mengurangi pendarahan yang terjadi ketika melahirkan. Vitamn K yang terkandung dalam kurma muda mampu mencegah pembekuan darah, dengan begitu darah yang keluar setelah melahirkan tidak begitu banyak.

Untuk itulah, mengonsumsi kurma muda sangat dianjurkan bagi ibu hamil, terutama saat-saat akan melahirkan.

3. Meningkatkan produksi ASI

Kurma muda memang memberi banyak manfaat bagi seorang wanita, contohnya dalam meningkatkan produksi ASI. Ya, bagi ibu melahirkan, pemberian ASI untuk sang bayi adalah hal utama, namun hal tersebut seringkali terhambat karena beberapa factor. Air ASI tidak lancar dan produksi ASI yang sedikit, membuat bayi tidak tercukupi kebutuhannya.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumi buah kurma muda. Manfaat buah kurma muda adalah meningkatkan produksi ASI, menjaganya agar tetap lancar, sehingga kebutuhan bayi tercukupi. Air ASI yang mengalir lancar mampu menghilndarkan bayi dari berbagai penyakit karena system kekebalan tubuhnya semakin kuat.

4. Mengobati hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi disebabkan oleh pola makan yang buruk, sehingga pembuluh darah menyempit dan tekanan darah melebihi batas normal. Penyakit ini bisa Anda atasi tentunya dengan buah kurma muda. Ya, manfaat buah kurma muda yang berikutnya adalah menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah dalam tubuh manusia akan lebih terkontrol dengan mengonsumsi buah kurma muda ini secara rutin. Namun Anda juga harus mengimbanginya dengan menjaga pola makan.

5. Menyehatkan mata

Kata siapa hanya wortel yang kaya akan vitamin A dan menyehatkan mata? Kandungan vitamin A dalam buah tin pun tidak kalah tingginya dengan wortel. Maka dengan mengonsumsi buah tin, mata Anda akan terhindar dari penyakit rabun jauh, rabun dekat, atau lainnya.

Mata semakin terasa segar, cerah, dan sehat setiap hari. Oleh karena itu, konsumsilah buah tin demi kesehatan mata Anda.

6. Mencegah stroke

Manfaat buah kurma muda berikutnya adalah mencegah stroke. Stroke adalah penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah diatas normal, akibatnya beberapa bagian tubuh menjadi lumpuh karena system syaraf yang terputus. Kelumpuhan tersebut bisa bersifat sementara maupun permanen, tergantung seberapa parah rusaknya system syaraf tersebut.

Namun penykit stroke bisa Anda cegah dengan mengonsumsi buah kurma muda. Buah kurma muda mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk tulang dan syaraf otot manusia.

7. Mencegah kanker mulut

Selain stroke, penyakit kanker mulut juga bisa Anda cegah dengan buah kurma muda. Salah satu gejala kanker mulut sendiri adalah sariawan, yang kemudian jika dibiarkan akan semakin menyebar dan menjadi kanker mulut. Untuk mencegahnya Anda perlu mengonsumsi buah kurma muda.
Buah ini juga bisa Anda konsumsi saat sedang sariawan, dengan begitu sariawan akan sembuh dan kanker mulut tercegah.

8. Mengoptimalkan system kerja jantung

Jantung merupakan komponen penting bagi tubuh, organ yang memiliki banyak peran, yakni mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Untuk menjaga agar system kerja jantung tetap optimal, Anda harus menerapkan pola hidup sehat, seperti mengatur pola makan, berolahraga, dan waktu tidur yang cukup.

Hal lain yang bisa membantu jantung agar bekerja optimal adalah buah tin. Ya, buah tin memberi peran penting bagi kesehatan tubuh, salah satunya untuk mengontrol kinerja jantung. Dengan bgitu, darah akan terus terpompa dan mengalir ke seluruh tubuh tanoa hambatan.

9. Meningkatkan daya ingat

Manfaat buah kurma muda selanjutnya adalah meningkatkan daya ingat, terutama pada anak-anak. Pada usia anak-anak adalah masa pertumbuhan yang amat membutuhkan banyak nutrisi. Untuk itu, Anda bisa memberinya buah kurma muda setiap hari agar nutrisi terpenuhi serta daya ingat semakin meningkat. Meningkatnya daya ingat juga turut meningkatkan kecerdasan otak sang anak.

Selain itu, kurma memiliki rasa manis yang lezat dan pasti disukai anak-anak, sehingga memudahkan Anda dalam memberi nutrisi. Jangan lupa imbangi pula dengan pola makan sehat, olahraga teratur, serta waktu tidur yang cukup.

Dapat disimpulkan bahwa khasiat buah kurma muda atau kurma ruthob memang sangat fantastis. Mulai dari mencegah berbagai penyakit, menyembuhkan penyakit kronis, hingga membantu perkembangan tubuh manusia.
Buah kurma muda juga membantu meningkatkan produksi ASI, meningkatkan tingkat kesuburan, serta meningkatkan daya ingat anak-anak.

Manfaat tersebut jarang kita jumpai pada buah-buah yang lain. Karena itulah buah kurma muda dianggap istimewa, selain memiliki rasa yang manis walau belum matang, buah ini juga mengandung segudang manfaat.
Tentunya manfaat buah kurma muda tersebut bisa Anda dapat dengan cara mengonsumsi rutin serta dengan mengimbanginya dengan pola hidup sehat.

Aturlah pola makan, berolahraga teratur, serta gunakan waktu tidur yang cukup. Dengan pola hidup sehat ditambah dengan mengonsumsi buah kurma muda, maka berbagai keluhan kesehatan bisaa teratasi.