Selain Mencegah, Buah Tin Juga Mampu Mengobati Penyakit, Yuk Simak 9 Manfaat Buah Tin Berikut

Manfaat Buah Tin

Manfaat Buah Tin – Siapa yang belum pernah mendengar buah tin? Buah yang berasal dari Asia Barat ini memang sangat terkenal karena mengandung banyak sekali manfaat. Karena berasal dari Asia Barat, maka asal nama buah tin juga dari bahasa Arab, bahkan buah tin adalah salah satu nama surat dalam kitab suci Islam.

Buah bernama latin Ficus Carica ini memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Terkandung banyak vitamin, molekul gula, zat besi, kalsium, ptotein, mineral, dan kandungan gizi lainnya dalam buah tin. Sangat kaya bukan?

Nah, buah tin ini terdiri dari buah tin basah dan buah tin kering, kalori yang terkandung di dalam buah tin basah lebih sedikit dibanding buah tin kering. Namun, tidak ada yang berbeda dengan kandungan nutrisi lainnya, termasuk tidak terkandung lemak dan kolesterol.

Khasiat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Tin untuk Kesehatan

image source : squarespace.com

Dengan banyaknya kandungan buah tin, maka banyak pula manfaat buah tin yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi langsung buah tin atau dengan diolah terlebih dahulu. Ini dia berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan.

  1. Mengurangi kadar kolestrol

Selain tidak adanya kandungan kolesterol pada buah tin, buah yang satu ini memiliki kadar serat cukup tinggi yang mampu menurunkan bahkan menghilangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pectin adalah serta larut yang bisa menyapu kolesterol dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan melalui system ekskresi manusia.

Jadi, dengan mengonsumsi banyak buah tin, kolesterol yang Anda derita akan menghilang dan keluar baik melalui keringat, BAB, atau air seni. Anda juga perlu mengimbanginya dengan cara berolahraga rutin dan berpola makan sehat. Dengan begitu proses eksresi akan lebih terbantu.

  1. Mampu menyembuhkan diabetes

Diabetes menjadi penyakit umum di zaman sekarang ini. Penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyaknya mengonsumsi glukosa ataupun karena kurang berolahraga. Nah, manfaat buah tin selanjutnya adalah menyembuhkan diabetes. Mengapa bisa ? ya, buah tin memang mengandung lukosa dan fruktosa, namun zat ini tidak akan membuat gula darah naik, justru sebaliknya.

Buah tin mampu menghambat sistem pencernaan dalam menyerap gula berlebih karena buah tin memiliki kandungan karbohidrat serta serat larut yang banyak. Namun dalam hal ini Anda tidak boleh mengonsumsi buah tin berlebihan, agar pencegahan diabetes lebih efektif.

  1. Mencegah serangan jantung

Salah satu penyebab serangan jantung ialah tingginya kadar natrium dalam tubuh. Natirum tersebut kemudian menimbulkan terjadinya penyempitan plak dan pembuluh, sehingga membuat jantung semakin sulit mendistribusikan darah ke seluruh tubuh.

Nah, dalam hal ini manfaat buah tin adalah mampu menurunkan kadar natrium yang ada pada tubuh manusia karena buah tin mengandung kalium tinggi yang memang berperan untuk menghilangkan natrium. Jadi, dengan Anda mengonsumsi buah tin sehari sekali, resiko serangan jantung mendadak akan tertekan.

  1. Buah tin sebagai sumber nutrisi

Sudah dijelaskan bukan bahwa buah tin sangat kaya akan nutrisi? Mulai dari serat, kalium, kalsium, berbagai macam vitamin, dan masih banyak lagi. Nutrisi tersebut mampu melengkapi tubuh Anda dan membuat sistem kekebalan semakin kuat.

jadi, dengan mengonsumsi buah tin secara rutin, tentu saja berbagai penyakit akan sulit menembus tubuh Anda, termasuk kanker. Dengan kata lain, manfaat buah tin adalah menutrisi tubuh agar terhindar dari penyakit.

  1. Mengatasi anemia

Apakah Anda sering mengalami pusing, pening, seperti berputar-putar ? Ini adalah salah satu gejala anemia. Anemia sendiri disebabkan oleh kurangnya kandungan zat besi dalam tubuh manusia, sehingga pembentukan hemboglobin terhambat. Bila tetap dibiarkan, maka bisa  menyebabkan penyakit lain masuk ke dalam tubuh Anda.

Nah, lagi-lagi buah tin menjadi solusinya, buah tin berperan untuk mengoptimalkan pembentukan sel darah merah atau hemoglobin. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah karena kekayaan nutrisi yang dimiliki buah tin. Jadi, dengan mengonsumsi buah tin rutin, masalah anemia Anda bisa teratasi.

  1. Mengobati sembelit

Sembelit terjadi karena sistem pencernaan yang memburuk, atau bisa juga karena pola makan Anda yang salah. Hal tersebut bisa disembuhkan dengan cara mengatasi buah-buahan berserat tinggi, salah satunya buah tin. Buah tin memiliki kandungan serat yang bersifat laktasif, sehingga meski sembelit yang diderita sudah kronis sekalipun, bisa terobati berkat buah tin.

Selain mengobati sembelit, konsumsi buah tin merupakan salah satu cara menjaga system pencernaan agar tetap sehat. Jadi, selain mengonsumsi pepaya, jeruk, atau buah lain yang menyembuhkan sembelit, Anda bisa juga mengonsumsi buah tin.

  1. Mencegah tumor muncul

Manfaat buah tin selanjutnya adalah mencegah munculnya sel tumor dalam tubuh. Kandungan senyawa benzaldehide dan phenol dalam buah tin mampu menghentikan tumbuhnya jamur, virus, dan parasite yang menjadi penyebab tumor jinak muncul.

Selain mencegah tumor jinak, pencegahan tumor ganas pun bisa Anda lakukan dengan cara mengonsumsi buah tin. Hal tersebut karena buah tin memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu pencegahan tersebut.

  1. Mengatasi darah tinggi

Darah tinggi adalah penyakit yang paling banyak diderita orang-orang, terutama orang dewasa. Darah tinggi atau hipertensi sendiri disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah dalam tubuh. Apabila hal ini dibiarkan dalam waktu lama, maka akan timbul penyakit lain yang menyerang tubuh manusia, yakni jantung coroner.

Nah, salah satu  manfaat buah tin ialah menurunkan tekanan darah tinggi tersebut. Seperti yang kita ketahui, buah tin mengandung fosfor, omega 3 dan 6, magnesium, serta fenol, dimana senyawa-senyawa tersebut berkhasiat menurunkan tekanan darah secara alami.

  1. Mencegah penyakit tulang

Penyakit tulang dan seni sudah menjadi permasalahan umum bagi orang dewasa, bahkan remaja sekalipun. Pengeroposan tulang yang biasa terjadi pada orang berusia lanjut, kini bisa saja terjadi pada orang berusia muda karena beberapa faktor. Selain pengeroposan tulang, terjadi hal yang sama juga pada gigi.

Namun Anda tak perlu khawatir, masalah tersebut bisa diatasi dengan cara mengonsumsi secara rutin buah tin. Manfaat buah tin salah satunya adalah mengoptimalkan tulang dan menjadikannya semakin kuat. Selain itu, proses pertumbuhan tulang dan gigi untuk usia anak-anak juga lebih optimal. Hal ini karena kandungan fosfor dan kalsium pada buah tin lebih tinggi daripada yang terkandung dalam susu.

Terbukti bukan bahwa buah bertekstur empuk dan berbiji banyak semacam delima ini memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh manusia? Buah asal Asia Barat ini memang memiliki rasa unik, tidak terlalu manis, namun tidak dikatakan pahit ataupun asam.

Selain mengandung senyawa—senyawa yang baik untuk tubuh, buah tin ini tidak mengandung lemak jahat, garam, dan kolesterol, sehingga sangat aman dikonsumsi. Berbagai manfaat buah tin untuk kesehatan tentunya bisa Anda dapat dengan mengonsumsi buahnya secara langsung. Meskipun memiliki biji banyak, namun tidak menjadi masalah, pasalnya biji tersebut bisa ikut Anda makan, dan tentunya tidak berbahaya.