Inilah Segudang Manfaat Buah Zaitun Baik Bagi Kesehatan Maupun Kecantikan

Manfaat Buah Zaitun

Manfaat Buah Zaitun – Zaitun termasuk salah satu jenis tanaman yang populer dan terkenal akan manfaatnya. Tanaman bernama latin Olea Europaea ini mengandung berbagai manfaat, terutama pada buahnya. Buah zaitun muda bisa dimakan langsung atau diawetkan terlebih dahulu. Sementara buah zaitun tua bisa diperas dan dijadikan minyak yang selama ini kita kenal dengan sebutan minyak zaitun.

Zaitun adalah tanaman asli Mediterania yang memiliki kandungan senyawa baik bagi kesehatan. Nah, kandungan senyawa yang terdapat pada minyak zaitun adalah omega 3, omega 6, omega 9, phenolic, vitamin E, vitamin K, dan zat besi. Dengan banyaknya kandungan senyawa tersebut maka minyak zaitun memberi manfaat sangat banyak, baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Zaitun bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan

image source : pixabay

  1. Mencegah kanker

Resiko terkena kanker kulit dan kanker payudara bisa Anda cegah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki vitamin E dan phenolic yang dapat melawan sel kanker tersebut. selain itu, sifat zaitun adalah anti inflamasi dan kaya antioksidan.

Dengan menggunakan minyak zaitun secara rutin untuk tabir surya, maka kulit akan terlindung dari sinar UVA dan UVB dari matahari, sehingga kanker kulit pun bisa tercegah. Sementara lemak yang terkandung dalam minyak zaitun mampu mencegah tumbuhnya tumor atau kanker payudara.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Karena minyak zaitun mengandung antioksidan yang cukup tinggi, maka kolesterol dapat tercegah. Hal tersebut juga membuat Anda terhindar dari penyakit jantung. Kolesterol dalam tubuh akan teroksidasi dan kinerja jantung tetap optimal.

  1. Mencegah osteoporosis

Manfaat zaitun berikutnya adalah mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Seperti yang kita ketahui, tulang keropos banyak diderita oleh orang dewasa bahkan orang berusia muda sekalipun.

Namun, dengan mengonsumsi minyak zaitun, pengeroposan tersebut bisa tercegah. Minyak zaitun mengandung kalsium dan fosfor yang sangat baik bagi kesehatan tulang. Selain itu, minyak zaitun juga bagus untuk perkembangan gigi dan tulang bagi anak-anak.

  1. Mengontrol tekanan darah

Salah satu manfaat minyak zaitun lainnya adalah mampu mengontrol tekanan darah. Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang Anda derita akan menurun  seketika setelah beberapa saat mengonsumi minyak zaitun.

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan. Namun manfaat zaitun tidak sekedar menyembuhkan atau mencegah penyakit saja, melainkan memberi manfaat pula bagi kecantikan. Ya, kandungan vitamin E dan vitamin K nya sangat baik untuk menjaga kesehatan, kebersihan, serta kecerahan kulit.

Tak heran bila banyak produk kecantikan atau perawatan yang menyertakan minyak zaitun ini sebagai bahan dasar. Selain minyak zaitu, Anda juga bisa menurunkan tekanan darah menggunakan Bunga Rosella

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun

image source : pixabay

  1. Mengencangkan kulit wajah

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang membantu mengontrol kadar air di kulit wajah Anda. Dengan begitu wajah tetap kencang, tidak mudah keriput, dan selalu terlihat lebih muda. Minyak zaitun juga mampu melindungi kulit dari ancaman kerusakan, sehingga pengencangan kulit wajah semakin efektif.

  1. Mengecilkan pori-pori wajah

Zat linoleic acid yang terkandung dalam zaitun tidak hanya mampu mengencangkan kulit saja, namun juga membantu mengecilkan pori wajah. Tentunya dengan pori-pori yang mengecil, maka kotoran, debu, bakteri, penyebab kulit kusam dan berjerawat tidak akan bisa menembus kulit wajah Anda.

Dengan demikian, kebersihan kulit wajah tetap terjaga, dan wajah akan selalu bersih, sehat, berseri.

  1. Menghaluskan wajah

Manfaat zaitun berikutnya adalah adalah menghaluskan kulit wajah, karena di dalamnya terkandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K. Kandungan tersebut berkhasiat menghaluskan dan melembabkan kulit dengan lebih maksimal.

Untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa mencampurnya dengan pepaya atau buah lainnya yang juga mampu membantu regenerasi kulit.

  1. Memutihkan wajah

Selain mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, dan menghaluskan wajah, tentu manfaat zaitun selanjutnya adalah memutihkan wajah. Karena minyak zaitun mampu membantu proses regenerasi kulit, maka dengan memakainya secara rutin akan membuat wajah Anda lebih putih dan cerah.

Wajah yang putih dan cerah berseri bisa Anda dapatkan dengan memakaikan minyak zaitun sebagai masker ataupun dengan mengoleskannya langsung secara rutin. Hasil yang didapatkan tentunya sangat natural dan tidak berlebihan.

  1. Mengatasi kulit kering

Kulit kering disebabkan oleh seringnya terpapar sinar matahari dan serangan radikal bebas. Namun hal ini tak perlu dikhawatirkan lagi, karena minyak zaitun mampu mengatasi semua permasalahan kulit Anda, termasuk kulit kering. Nah, minyak zaitun ini berperan sebagai body lotion yang membuat kulit Anda tetap lembab namun tidak berminyak.

Jadi, tidak perlu repot mengatasi kulit kering, karena hal tersebut bisa teratasi dengan mudah menggunakan minyak zaitun. Anda hanya perlu mengoleskannya pada kulit wajah atau kulit anggota tubuh lainnya yang memang kering.

  1. Menyembuhkan jerawat

Jerawat memang sudah menjadi permasalahan umum setiap orang. Kedatangan jerawat bagi beberapa orang akan mengurangi kepercayaan diri mereka. Maka, hal ini tidak bisa dibiarkan dan harus segera diatasi. Nah, cara mengatasinya adalah dengan minyak zaitun.

Manfaat zaitun salah satunya ialah menghilangkan jerawat, karena minyak zaitun mengandung antibacterial dan anti inflamasi.

Selain itu, terdapat pula senyawa polifenol yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh, khususnya di bagian kulit wajah. Dengan begitu, racun atau bakteri penyebab jerawat dapat langsung dikeluarkan bahkan dicegah.

  1. Menebalkan bulu mata

Bulu mata lentik adalah impian semua orang, terutama wanita. Bulu mata yang panjang, melengkung, serta tebal, akan menambah daya tarik dan kecantikan wajah. Oleh karena itu, beberapa orang melakukan berbagai cara demi mendapat bulu mata tebal.

Nah, minyak zaitun bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Anda hanya perlu mengaplikasikan sedikit minyak zaitun pada bulu mata secara rutin. Setelah beberapa hari, akan muncul perbedaan di bulu mata Anda, yakni semakin tebal dan terlihat lentik. Pemakaian minyak zaitun ini tidak akan membuat bulu mata Anda rontok, berbeda dengan maskara.

  1. Memerahkan bibir

Bibir hitam tentunya akan mengurangi kePDan Anda, namun hal ini bisa Anda atasi dengan mengoleskan minyak zaitun pada bibir Anda secara rutin. Vitamin E dan K yang terkandung dalam minyak zaitun ini selain menghilangkan bibir hitam, juga membuat bibir Anda berwarna kemerahan. Warna merah di bibir Anda akan lebih natural berkat minyak zaitun.

Nah, itu dia beberapa manfaat zaitun bagi kecantikan atau kesehatan kulit wajah. Cara pemakaiannya bisa dengan mengoleskannya langsung pada wajah atau kulit anggota tubuh lainnya. Bisa juga dengan mencampurnya bersama buah dan dijadikan masker wajah. Cara pemakaian minyak zaitun tersebut akan lebih maksimal jika Anda menggunakannya secara rutin.

Jadi, bisa Anda buktikan, bahwa minyak zaitun tak hanya berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit, namun juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Dengan kata lain, minyak zaitun memberikan manfaat baik untuk organ dalam maupun untuk bagian luarnya, seperti kulit.