Inilah 11 Manfaat Daun Afrika Yang Diakui Oleh Medis

Manfaat Daun Afrika

Apa Sih Manfaat Daun afrika? Meski namanya daun afrika, namun tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman afrika sendiri memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh, terutama pada bagian daunnya. Daun afrika memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh manusia, seperti asam fenolat, zat anti inflamasi, antioksidan, mineral, asam esensia, serta beberapa vitamin.

Manfaat daun afrika bisa Anda dapatkan dengan cara meracik atau meramunya bersama tanaman herbal lainnya. Anda bisa menggunakan cara tradisional, yakni menumbuk, merebus,  dan mengeringkan daun afrika ini.

Khasiat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Afrika

Lantas apa saja sih manfaat yang terkandung dalam daun afrika bagi kesehatan manusia? Ini dia ulasannya:

Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah tidak bisa dibiarkan begitu saja. Jika hal ini didiamkan dalam waktu lama, cepat atau lambat penyakit lainnya akan ikut masuk ke dalam tubuh dan semakin parah. Serangan jantung dan stroke adalah beberapa kemungkinan yang terjadi saat kadar kolesterol dalam darah naik.

Nah, manfaat daun afrika yang pertama adalah menurunkan kadar kolesterol tersebut. Dengan turunnya kadar kolesterol, maka tubuh semakin sehat, penyakit lainnya pun bisa tercegah. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merebus daun afrika kemudian minum air rebusan tersebut. Memang rasanya pahit, namun Anda bisa menambahkannya perasan jeruk nipis atau lemon serta madu.

Mencegah hipertensi

Selain kadar kolesterol, tekanan darah tinggi juga bisa memicu timbulnya stroke dan serangan jantung. Oleh sebab itu, Anda harus menurunkan tekanan darah agar tubuh tetap sehat. Salah satu caranya adalah dengan ramuan daun afrika, rebusan daun afrika mampu menurunkan tekanan darah dengan cepat.

Dengan begitu tidak akan ada hipertensi, stroke, apalagi penyakit jantung, jika Anda rajin mengonsumsi rebusan daun afrika. Tekanan darah yang menurun bisa ditandai dengan bersikap tenangnya seseorang, tidak mudah marah, dan selalu ceria.

Mengatasi insomnia

Apakah Anda sering mengalami insomnia? Insomnia atau susah tidur setia hari akan semakin memperburuk kesehatan Anda, pasalnya waktu tidur tidak tercukupi. Nah, insomnia ini bisa Anda atasi dengan mengonsumsi daun afrika.

Daun afrika yang direbus kemudian diminum adalah salah satu cara alami terbaik dalam mengatasi insomnia. Daun afriki memiliki kemampuan relaksasi  yang tinggi, sehingga tubuh terasa semakin tenang, dan tidak lagi mengalami insomnia.

Mengobati perut kembung

Perut kembung bisa diakibatkan oleh terlalu banyaknya mengonsumsi air atau mineral namun sistem pencernaannya bermasalah. Pada akhirnya perut akan semakin buncit dan mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Nah, salah satu manfaat daun afrika adalah mengecilkan perut buncit tersebut. Anda bisa merebus beberapa helai daun afrika ataupun hanya menyeduhnya menggunakan air panas saja. Minumlah air daun afrika yang telah ditambahkan gula serta perasan jeruk nipis agar rasa pahit tidak terasa lagi.

Mengobati diabetes

Daun afrika bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, dengan sangat bagus dikonsumsi untuk penderita diabetes. Diabetes muncul karena kadar gula dalam darah yang semakin meningkat, hal ini biasa disebabkan oleh pola makan yang buruk.

Selain dapat mencegah diabetes, daun afrika juga mampu menyembuhkan penyakit diabetes yang sudah kronis sekalipun. Anda hanya perlu mengonsumsinya secara rutin, buat rebusan daun afrika setiap hari dan minumkan pada penderita diabetes. Banyak penderita yang pada akhirnya memilih amputasi setelah terjadi pembusukan di bagian tubuh tertentu, namun ramuan daun afrika ini mampu mengatasinya.

Menurunkan resiko kanker hati

Manfaat daun afrika berikutnya adalah menurunkan resiko kanker hati. Daun yang memiliki kemampuan mendetoksifikasi racun ini tentu bisa menghilangkan resiko terkena kanker hati. Selain itu, daun afrika mampu membersihkan organ-organ dalam dan membuatnya semakin sehat.

Bahkan hal ini diakui secara medis bahwa daun afrika mampu mencegah kanker hati dan mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang lain. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengonsumsi air rebusan daun afrika setiap hari.

Mengobati batuk

Batuk adalah penyakit yang umum namun penyembuhannya tidak mudah. Jika Anda mengalami batuk yang berkepanjangan, segeralah konsumsi daun afrika, ya, karena salah satu manfaat daun afrika adalah menghilangkan batuk.

Anda bisa meminum air rebusan daun afrika yang dicampur madu dan jeruk nipis. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa kunyah langsung daun yang sudah dicuci bersih, meski rasanya pahit, namun cara ini terbukti ampuh.

Mengobati demam

Jika batuk bisa diselesaikan dengan mudah, begitu pula pada demam. Demam bisa sembuh sempurna setelah Anda mengonsumsi daun afrika, baik direbus maupun dikunyah langsung. Demam yang tinggi akan berangsur menurun dalam waktu beberapa menit setelah mengonsumsi daun afrika.

Nah, cara ini tidak hanya baik bagi orang usia dewasa saja, namun juga aman bagi anak usia remaja serta anak-anak. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dalam pengonsumsian daun afrika.

Mengobati sakit kepala

Sakit kepala bisa terjadi karena aliran darah menuju otak tidak optimal. Sakit kepala adalah hal yang wajar, namun jika berkepanjangan, Anda harus segera mengatasinya. Manfaat daun afrika adalah mengurangi sakit kepala akibat aliran darah yang terhambat.

Daun afrika yang direbus kemudian diminum, akan membantu kerja jantung dalam pedistribusian darah, sehingga darah mengalir rata tanpa hambatan. Dengan lancarnya aliran darah, terutama menuju otak, maka sakit kepala akan hilang seketika.

Melancarkan BAB

BAB seringkali terhambat akibat system pencernaan yang terganggu. Nah, jangan lagi konsumsi obat pencahar untuk mengatasinya, karena obat pencahar dapat merusak organ lain seperti lambung. Dengan begitu, penyakit lain pun bisa dengan mudah masuk.

Sebaiknya gunakanlah obat alami seperti pepaya atau daun afrika. Kedua bahan tersebut sangat ampuh mengatasi masalah sembelit. Rebuslah daun afrika beberapa menit, kemudian diamkan hingga air tidak lagi panas, minum air rebusan tersebut setiap pagi hingga BAB lancar.

Mengobati malaria

Malaria adalah penyakit yang sempat populer beberapa tahun lalu. Penyakit yang muncul karena virus nyamuk malaria ini menjadikan tubuh menggigil, flu, serta nafsu makan menurun dalam waktu yang lama. Jika ada pernyataan bahwa malaria sulit disembuhkan, maka itu tak sepenuhnya benar.

Manfaat daun afrika lainnya adalah menyembuhkan malaria. Dengan ramuan tradisional yang cukup simple, malaria dapat segera disembuhkan. Selain menggunakan daun afrika, malaria juga bisa disembuhkan oleh daun pepaya, khasiat dari kedua daun ini hampir sama, maka cara mengolahnya pun tak jauh beda.

Nah, itu dia berbagai manfaat yang bisa Anda dapat dari daun afrika. Daun yang berwarna hijau dan berbentuk seperti daun pada umumnya ini memang mengandung zat yang baik bagi kesehatan, tak heran bila banyak penyakit yang bisa dicegah bahkan disembuhkan hanya dengan rebusan daun afrika.

Dengan mengonsumsi rutin daun afrika, Anda akan terbebas dari penyakit karena sistem imunitas semakin kuat. Penyakit yang lama tinggal di tubuh Anda pun akan terbunuh, sehingga tubuh akan terlihat semakin sehat dan bugar.