Manfaat, Contoh dan Pengertian Tanaman Hias

Manfaat, Contoh dan Pengertian Tanaman Hias

Pengertian tanaman hias atau dalam bahasa ilmiahnya Ornamental plant merupakan tanaman bunga atau daun yang memiliki bentu dan warna yang indah. Tanaman hias biasanya dikembangkan dengan cara generatif maupun vegetatif. Seiring majunya peradaban jaman, tanaman hias biasanya didentikan dengan tanaman yang mempunyai bunga, tangkai, cabang, daun, akar dan aroma yang menarik serta memiliki nilai estetika seni tinggi.

Tanaman hias mempunyai banyak variasi dan juga beragam jenis, baik secara lokal maupun non lokal. Tanaman ini mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi, sehingga sangat menarik untuk dibudidayakan. Tujuan menanam tanaman hias tidak selalu untuk dinikmati keindahannya, tetapi juga fungsi tanaman tersebut. Misalnya tanaman pengusir nyamuk yang banyak ditanam di sekitar rumah.

Apa Pengertian Tanaman Hias?

Tanaman Hias
Tanaman Hias via pixabay.com

Mungkin Anda sering mendengar istilah tanaman hias, tapi apakah kamu tahu apa itu definisi tentang tanaman hias? Tanaman hias adalah tanaman yang ditanam di luar atau di dalam ruangan untuk menciptakan kesan keindahan dan menarik. Jadi tanaman hias berfungsi untuk menciptakan keindahan serta daya tarik pada suatu obyek.

Apakah semua tanaman hias akan dianggap indah oleh semua orang? Jawabnya adalah tidak. Hal itu karena setiap orang mempunyai persepsi dan penilaian sendiri dalam menentukan keindahan. Jadi keindahan pada setiap orang akan selalu berbeda-beda.

Manfaat Tanaman Hias

Manfaat Tanaman Hias
Manfaat Tanaman Hias via pixabay.com

Selain mempunyai nilai estetika yang tinggi tanaman hias juga memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan sehari-hari maupun industri. Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman hias dalam kehidupan ekonomi dan sosial.

Manfaat tanaman hias di bidang ekonomi

  • Membuka peluang usaha baru sehingga bisa menyediakan lapangan pekerjaan di berbagai wilayah di Indonesia.
  • Menghasilkan tanaman hias yang berkualitas dan bermutu.
  • Menjadi salah satu komoditas yang diperjual belikan dengan nilai jual yang cukup tinggi.

Manfaat tanaman hias di bidang seni

  • Meningkatkan keindahan lingkungan di sekitar tempat tinggal.
  • Memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman hias agar terlihat lebih indah.
  • Meningkatkan penghijauan di lingkungan hidup.

Manfaat tanaman hias di bidang lingkungan

  • Menjaga dan meningkatkan kebersihan udara.
  • Menyerap air sehingga bisa mencegah terjadinya erosi.
  • Mengemburkan tanah, sehingga lahan akan menjadi lebih subur.
  • Menjadikan lingkungan sekitar menjadi lebih teduh dan segar.

Contoh Tanaman Hias

Setelah mengetahui manfaat dan pengertian tanaman hias, sekarang akan dibahas beberapa contoh tanaman hias yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Secara garis besar, tanaman hias dibagi menjadi dua yakni tanaman hias daun dan tanaman hias bunga. Perbedaan kedua tanaman hias tersebut bisa ditebak dari namanya, tanaman hias daun mempunyai keindahan pada bentuk dan warna daunnya. Biasanya tanaman hias daun tidak mempunyai bunga, sehingga pesona utamanya hanya pada warna dan bentuk daunnya. Tanaman hias bunga merupakan tanaman hias yang memiliki keindahan pada bunganya. Jenis tanaman inilah yang sering digunakan sebagai tanaman penghias taman baik di dalam atau di luar ruangan.

Tanaman Hias Daun

Contoh Tanaman Hias Daun
Contoh Tanaman Hias Daun via pixabay.com

Tanaman hias daun mempunyai keindahan pada bentuk serta warna daun. Ada beragam jenis tanaman hias yang ditanam di nusantara mulai dari yang berdaun kecil sampai besar. Ada yang harganya puluhan ribu sampai ratusan juta. Contoh tanaman hias daun seperti Anthurium, Aglaonema, daun Puring, Palem dan lain sebagianya. Anthurium merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang banyak dibudidayakan di Masyarakat. Keunikan bentuk daun tanaman ini yang beragam serta mempunyai warna yang indah menjadi salah satu alasan kenapa tanaman ini mempunyai banyak penggemar. Informasi lebih detail mengenai tanaman hias daun bisa Anda baca pada artikel Jenis tanaman hias daun yang populer di Indonesia

Tanaman Hias Bunga

Tanaman Hias Bunga Kenanga
Bunga Kenanga via @pixabay.com

Pengertian tanaman hias bunga adalah tanaman yang mempunyai bunga dan diberdayakan untuk mempercantik keindahan lingkungan di sekitarnya. Seperti yang sudah diketahui bahwa banyak sekali jenis bunga yang ada di dunia ini. Bunga juga sering dijadikan sebagai simbol kasih sayang, jadi tidak heran bila sebagian besar orang menyatakan cintanya dengan memberikan bunga kepada kekasih hati. Contoh bunga hias yang populer di Indonesia adalah bunga mawar, munga melati, bunga anggrek, bunga kamboja dan masih banyak jenis bunga lainnya. Untuk mengetahui jenis tanaman hias bunga, Anda bisa membaca artikel 10 tanaman hias bunga yang indah dan lucu.