10 Tanaman Hias Bunga Paling Cantik dan Lucu

10 Tanaman Hias Bunga Paling Cantik dan Lucu

Tanaman hias bunga merupakan tanaman hias yang banyak digandrungi oleh penggemar tanaman bunga. Tanaman ini banyak dijadikan penghias taman rumah agar terlihat semakin indah dan asri. Rumah yang digunakan sebagai tempat istirahat dan melepas penat akan semakin nyaman bila di sekitarnya banyak tumbuh tanaman yang mempunyai bunga yang sangat indah.

Kamu bisa menanam tanaman hias bunga ini dengan pot atau langsung pada lahan tanah. Buatlah sebuah taman kecil yang diisi bunga aneka warna sehingga memberikan suasana lingkungan yang asri. Dengan begitu kamu akan betah tinggal di rumah. Apalagi kamu bisa menjadikan kegiatan ini sebagai hobi yang sangat menyenangkan untuk mengisi waktu luang.

Jenis Tanaman Hias Bunga

Tanaman Hias Bunga
Tanaman Hias Bunga via @sindonews.com

Ada banyak jenis tanaman hias bunga yang bisa kamu tanam di sekitar tempat tinggal. Tanaman-tanaman tersebut bisa ditanam dengan menggunakan pot atau lahan tanah. Jika kamu tidak memiliki cukup lahan bisa mencoba menanam dengan menggunakan pot ganatung atau biasa. Tapi bila tersedia banyak lahan tanam, lebih baik ditanam langsung ke tanah. Berikut ini ada beberapa jenis tanama hias bunga yang cocok untuk dijadikan tanaman hias.

Tanaman Hias Bunga Anggrek

Tanaman Hias Bunga Anggrek
Tanaman Hias Bunga Anggrek via @pixabay.com

Bunga anggrek dijuluki sebagai “puspa pesona” merupakan salah satu jenis bunga khas nusantara. Di Indonesia banyak sekali jenis bunga anggrek yang tumbuh secara liar ataupun yang sengaja dibudidayakan.Ada sekitar 5.000 – 6.000 jenis bunga anggrek yang ada di Indonesia ada sebagian besarnya tergolong langka seperti anggrek kebutan, anggrek hitam, dan anggrek koribas. Keindahan bunga anggrek seringkali diidentikan sebagai salah satu simbol rasa cinta, keindahan, dan kemewahan.

Bunga Mawar

Bunga Mawar
Bunga Mawar via @pixabay.com

Bunga mawar merupakan bunga yang digunakan sebagai salah satu simbol rasa cinta dan kasih sayang. Selain memberikan kesan indah, bunga mawar juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Aroma harum pada bunga mawar bisa mengatasi rasa depresi dan stres. Selain itu kandungan zat kimia pada bunga mawar juga berfungsi sebagai terapi untuk menghilangkan sakit kepala.

Selama ini banyak orang yang hanya tahu bunga mawar mempunyai warna merah dan putih. Padahal, bunga mawar mempunyai lebih dari 100 spesies. Warnanya pun bermacam-macam seperti biru, pink, dan peach.

Bunga Melati

Tanaman Hias Bunga Melati
Tanaman Hias Bunga Melati via @pixabay.com

Melati merupakan jenis bunga yang cukup populer di Indonesia. Bahkan jenis melati putih ditetapkan sebagai salah satu bunga nasional Indonesia bersama dengan Rafflesia arnoldii dan anggrek bulan. Bunga melati sering digunakan dalam upacara tradisional. Bunga ini juga sering digunakan sebagai penghias ramput pengantin Jawa dan Sunda.

Bunga melati sangat mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus. Kamu cukup melakukan pemangkasan untuk merapikan ranting yang tidak diinginkan. Tidak hanya indah, bunga melati juga memiliki bau yang sangat harum sehingga sangat menjadi salah satu tanaman hias daun yang memiliki banyak penggemar.

Kembang Sepatu

Kembang Sepatu
Kembang Sepatu via @pixabay.com

Kembang sepatu merupakan jenis tanaman hiasa yang bisa tumbuh dengan mudah pada tempat yang terkena sinar matahri secara langsung. Tanaman ini merupakan tanaman yang bisa tumbuh besar sehingga disarankan untuk menanamnya menggunakan pot. Dengan begitu pertumbuhan tanaman bisa dikendalikan.

Walaupun namanya bunga sepatu, bunga yang memiliki nama latin Hibiscus rosasinensis ini tidak mirip sama sekali dengan sepatu lho. Bentuknya sama seperti bunga kebanyakan serta mempunyai warna merah muda yang indah.

Kamboja

Tanaman Hias Bunga Kamboja
Tanaman Hias Bunga Kamboja via @pixabay.com

Postur kamboja atau adenium yang unik membuatnya sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Jenisnya pun cukup banyak, diantaranya adenium waterfall dan adenium windmill. Selain bentuk yang unik dan bunga yang indah, tanaman ini mempunyai manfaat bagi kesehatan manusia.

Bunga dan getah kamboja mengandung zat yang bisa menghambat disentri, radanag saluran pernafasan, TBC dan hepatitis. Di daerah Bali selain digunakan sebagai tanaman hias bunga juga digunakan sebagai untuk melengkapi berbagai upacara tardisional. Jadi dengan menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias akan memberikan banyak keuntungan bagi pemilikinya.

Tanaman Hias Bunga Kemuning

Bunga Kemuning
Bunga Kemuning via @flickr.com

Bunga kemuning merupakan tanaman hias yang menghasilkan wangi yang sangat kuat terutama ketika malam hari. Bunga dengan nama latin Murraya paniculata merupakan tiruan dari bunga melati. Bunga kemuning biasa tumbuh liar di tepi hutan, semak berlukar, atau ditanam sebagai tanaman hias dan juga tanaman pagar.

Tanaman ini sangat menyukai sinar matahari, sehingga cocok untuk ditanam di halaman rumah atau tempat terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung. Cara perawatannya juga cukup mudah, hanya perlu disiram dan diberi sedikit pupuk agar tanaman bisa tumbuh subur.

Alamanda

Bunga Alamanda
Bunga Alamanda via @pixabay.com

Tanaman hias yang satu ini merupakan tanaman hias yang cukup mudah perawatannya. Tanaman yang tumbuh secara bergerombol ini bisa berkembang dengan sangat pesat. Alamanda biasanya ditanam di dalam pot agar mudah dipindahkan.

Alamanda cathartica merupakan salah satu jenis alamanda yang paling populer di Indonesia. Bunga ini sering disebut juga sebagai bunga terompet emas dan juga bunga lonceng. Bunga alamanda berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Walaupun tidak mempunyai aroma yang kuta, tapi bunga ini memiliki warna kuning yang sangat indah.

Amarilis

Amarilis
Amarilis via @pixabay.com

Amarilis merupakan jenis tanaman yang paling mudah berbunga dan mempunyai banyak warna bunga bermacam-macam. Tanaman ini bisa tumbuh baik di daerah yang terkena sinar matahari secara langsung.

Bunga ini banyak ditanam dengan menggunakan pot. Hal ini berkaitan dengan khasiat bunga amarilis yang bisa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Dengan menanamnya di dalam pot akan memudahkan untuk memindahkan tanaman ini di berbagai sudut ruangan.

Tanaman Hias Bunga Kenanga

Tanaman Hias Bunga Kenanga
Bunga Kenanga via @pixabay.com

Bunga kenanga merupakan salah satu tanaman khas Indonesia. Bunga kenanga memiliki nama ilmiah Cananga odorata dan ditetapkan menjadi tanaman yang menjadi identitas Provinsi Sumtra Utara.

Bunga kenanga mempuyai kelopak bunga berwarna kuning, walaupun awalnya berwarna hijau. Selain itu tanaman ini juga mempunyai bau yang sangat harum sehingga akan membuat suasana rumah kamu menjadi lebih nyaman.

Bougenville

Bunga Bougainvillea
Bougainvillea via @pixabay.com

Bougenville merupakan tanaman dari Amerika Selatan. Saat ini tanaman hias ini, dapat dengan mudah dijumpai di Indonesia. Bougenville merupakan tanaman tropis yang mudah berkembang di daerah tropis, sehingga sangat cocok untuk dikembangkan di Indonesia. Warna ungu pada bunga ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias bunga untuk menambah kesan eksotis pada rumah.

Tanaman Hias Bunga Geranium

Tanaman Hias Bunga Geranium
Tanaman Hias Bunga Geranium via @pixabay.com

Tanaman hias yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias. Agar bisa menghemat tempat, kamu bisa menanam Geranium dengan menggunakan pot kemudian menggantungnya. Warna merah muda dipadukan dengan putih menjadikan bunga ini sangat enak untuk dilihat.

Itulah beberapa tanaman hias bunga yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk menghias halaman rumah. Kamu bisa mengkombinasikan tanaman ini dengan tanaman hias daun, sehingga akan tercipta taman kecil yang asri dan nyaman.