Inilah Jenis Tanaman Hias Daun yang Paling Populer di Indonesia

Tanaman Hias Daun Paku Tanduk

Tanaman hias daun merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak diminati untuk menambah keindahan taman atau ruangan rumah. Tanaman ini memiliki ciri khas dan keindahan pada daunnya. Di Indonesia sendiri banyak sekali peminat tanaman hias daun bahkan ada yang berani membelinya dengan harga yang cukup tinggi. Oleh karena itulah banyak petani yang ingin membudidayakan tanaman hias jenis ini.

Banyak sekali tanaman hias daun yang ada di Indonesia diantaranya adalah aglaonema, dieffenbachia, anthurium, keladi serta masih banyak jenis yang lain. Berikut ini beberapa daftar tanaman hias yang memiliki keindahan pada daunnya.

Jenis Tanaman Hias Daun yang Banyak Diminati

Tanaman hias merupakan tanaman yang menjadi tanaman favorit untuk ditanam di taman rumah. Selain sebagai penghijauan, tanaman ini juga berfungsi sebagai aksesoris yang menambah keindahan taman. Salah satu jenis tanaman hias yang bayak di tanam oleh masyarakat adalah tanaman hias daun yakni tanaman yang memiliki keindahan pada daunnya.

Di Indonesia tanaman jenis ini sangat populer, bahkan ada yang harganya sampai ratusan juta, tergantung pada keunikan dan keindahan tanaman. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias daun yang banyak diminati oleh masyarakat.

Tanaman Hias Kuping Gajah

Tanaman Hias Daun Kuping Gajah

Tanaman Hias Daun Kuping Gajah @bali-green.blogspot.com

Tanaman hias ini merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang banyak digemari oleh masyarakat. Bentuk daunnya yang lebar serta mirip dengan telinga gajah sehingga orang-orang menyebutnya dengan tanaman kuping gajah. Daun tanaman ini memiliki warna hijau tua dengan urat-urat hijau muda agak keputih-putihan.

Tanaman kuping gajah termasuk ke dalam jenis tanaman Anthurium daun yang memang memiliki daya tarik pada keindahan daunnya. Selain keindahan warna tanaman ini juga memiliki bentuk daun yang unik. Alasan lain kenapa tanaman ini begitu digemari oleh masyarakat adalah karena mudah untuk merawatnya. Anthurium hanya membutuhkan sedikit sinar matahari sehingga cocok sebagai hiasan di beranda rumah, teras belakang atau bahkan di dalam ruangan.

Suplir atau Adiantum

Tanaman Hias Daun Suplir atau Adiantum

Tanaman Hias Daun Suplir atau Adiantum @infogadogado.com

Tanaman suplir adalah jenis tanaman hias yang memiliki banyak jenis dan varietes. Meski demikian, tanaman ini memiliki tampilan yang cantik karena berdaun kecil dan memberikan suasan segar di sekitar taman. Tanaman suplir agak susah untuk dipelihara karena membutuhkan lingkungan yang lembab dan udara yang bersih. Habitat asli dari tanaman ini berada di pinggir-pinggir sungai yang dinaungi pohon rindang. Bila kamu ingin menanamnya maka harus menyediakan tempat yang teduh dan sejuk.

Tanaman hias daun jenis ini tidak terlalu memerlukan banyak air, sehingga cara penyiramannya dengan sedikit air yang terpenting di sekitar tanaman lembab (tidak terlalu basah dan tidak kering). Kalau bisa penyiramannya menggunakan air hujan, tapi bila tidak ada bisa menggunakan air biasa. Ketika datang musim kemarau maka di sekitar tanaman sebaiknya diberikan mos yang basah dengan air. Hal ini untuk menjaga kelembaban tanaman. Tanaman ini akan mulai tumbuh bila musim hujan tiba sehingga sebaiknya diberikan pupuk secara teratur dan dipindah ke dalam lahan tanam yang lebih besar.

Tanaman Hias Daun Aglaonema

Tanaman Hias Daun Aglaonema

Tanaman Hias Daun Aglaonema @pesonatanamanhias.blogspot.com

Tanaman aglonema memiliki bentuk dan warna daun yang unik. Daun tanaman ini berbentuk lonjong dan memiliki warna hijau yang dihiasi bintik-bintik, garis warna abu-abu keperakan. Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama sri rejeki. Tanaman hias ini sangat mudah untuk ditanam tanpa perlu perawatan yang intensif, yang terpenting adalah tanaman ini ditempatkan di lingkungan lembab yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Tanaman ini memiliki berbagai jenis dengan berbagai corak dan warna daun yang menawan. Dalam menanam Aglaonema harus diperhatikan ketika musim kemarau dimana keadaan lingkungan menjadi lebih panas dan kering. Pada kondisi tersebut daun tanaman ini sangat mudah kering dan layu sehingga harus dibuang. Tanaman ini juga tidak tahan terhadap uap air dan asap.

Keladi Red Star (Caladium Bicolor)

Tanaman Hias Daun Keladi Red Star

Tanaman Hias Daun Keladi Red Star @kebunpedia.com

Tanaman hias daun yang satu ini mempunyai tampilan yang sangat cantik pada dunnya yakni urat daunnya yang berbentuk bintang dan berwarna merah cerah. Selain itu tangkai daun yang berwarna agak kemerahan dan belang hitam menjadikan tanaman ini terlihat lebih eksotis. Keladi hias merupakan tanaman yang mudah untuk ditanam.

Keladi red star sangat mudah berkembang biak asal media tanamnya dijaga kadar kelembabannya. Tanaman ini akan berkembang dengan baik bila diletakan di tempat yang terkena sinar matahari langsung agar warna merah pada urat daunnya makin menguat.

Lakukan penyiraman sekali sehari pada pagi atau sore hari. Penyiraman diarahkan ke media tanam secara langsung jangan pada daun keladi. Dengan menjaga media tanam tetap basah akan membuat daun keladi tumbuh semakin cantik dan lebar, selain itu warna pada daun akan lebih keluar. Untuk media tanamnya kamu bisa menggunakan sekam dan cocopeat. Jangan menggunakan tanah karena akan sulit untuk ditembus akar tanaman keladi.

Paku Tanduk Atau Simbar Menjangan

Tanaman Hias Daun Paku Tanduk

Tanaman Hias Daun Paku Tanduk @nanagarden.com

Tanaman hias yang satu ini merupakan sauatu jenis tumbuhan paku yang memiliki kurang lebih 18 jenis. Semua jenis tanaman ini merupakan jenis tanaman epifit (akar melekat di batang pohon) dengan penampilan yang unik karena mempunyai 2 tipe daun dengan bentuk dan fungsi yang berbeda. 2 tipe daun tanaman tanduk paku yakni:

  1. Jenis daun yang pertama selalu steril dan berbentuk perisai tegak. Daun ini akan mengering bila kondisi kurang air fungsinya mengampulkan dedaunan kering dan menangkap air sehingga kelembaban rimpang tanaman terjaga dengan baik.
  2. Jenis daun yang kedua menjuntai dari pusat daun pertama yang memiliki bentuk menyerupai tanduk rusa. Fungsi dari daun kedua ini adalah sebagai pembawa spora yang diletakan di sisi bawah daun, panjang daun ini bisa menjuntai sepanjang satu meter bahkan lebih.

Tanaman yang dikenal dengan sebutan simbar menjangan ini bisa dijumpai di alam liar di sekitar hutan tropis. Tanaman ini biasanya di tanam dengan ditempelkan pada pohon tau digantung untuk memperindah tampilan taman. Simbar menjangan sangat suka tempat yang teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Anakan yang tumbuh dapat dipisah dari induknya secara hati-hati dan ditempelkan pada tempat lain.

Tanaman Dieffenbachia

Tanaman Hias Dieffenbachia

Tanaman Hias Dieffenbachia @bluefameupload.com

Bagi yang biasa melakukan jual beli tanaman hias pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Dieffenbachia juga biasa disebut dengan bunga bahagia ini sangat mudah untuk dirawat dan diperbanyak. Tanaman ini tahan dalam ruangan meskipun dalam jangka waktu tertentu perlu ditaruh di ruang terbuka. Warna tanaman ini cenderung gelap bila ditempatkan di dalam ruangan sehingga bisa dijadikan salah satu tanaman hias untuk ruangan indoor.

Kelelbihan dari tanaman hias daun ini adalah bisa menyerap racun yang ada di udara sehingga bagus untuk ditempatkan di dalam ruangan untuk membersihkan udara. Menanamnya di halaman, bisa ikut membantu mengurangi gas polutan di sekitar rumah. Perbanyakan tanaman ini umumnya dilakukan dengan stek.

Tapi kamu juga harus tetap berhati-hati terhadap tanaman ini karena getahnya sangat berbahaya dapaat menyebabkan gatal pada kulit bahkan kejang pada bibir dan lidah. Meskipun efeknya hanya sebentar gejala ini bisa menyebabkan syok dan kematian karena gangguan pernafasan.

Saka Asparagus Plumosus

Bunga Saka Asparagus Plumosus

Bunga Saka Asparagus Plumosus @cara.media

Tanaman hias daun ini termasuk dalam keluarga Asparagus Plumosus merupakan tanaman hias sejenis paku yang memiliki daun lebat yang menyerupai jarum halus. Daun kecil yang lebat dan adanya beberapa bunga pada tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan ruangan. Tanaman ini sangat mudah ditanamm asal diberi cahaya matahari tidak langsung dan ditempatkan dilingkungan yang lebab.

Mungkin itulah beberapa tanaman hias daun yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik ruangan atau taman di rumah kamu. Sebenarnya masih banyak jenis tanaman hias yang lainnya, tapi mungkin itu akan dibahas pada artikel yang lainnya. Bila informasi ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman atau saudara kamu. Terima kasih