Jenis dan Pengertian Tanaman Hortikultura

Tanaman Hortikultura

Tanaman Hortikultura – Apakah Anda pernah mendengar istilah hortikultura? Atau mungkin Anda tahu apa yang dimaksud tanaman hortikultura? Mungkin banyak yang sudah mengetahui istilah tersebut, tapi hanya sedikit yang benar-benar tahu tentang hortikultura. Hortikultura berasal dari bahasa latin yakni  “hortus” (tanaman kebun) dan “cultura/colere” (budidaya), sehingga bisa diartikan sebagai tanaman yang dibudidayakan di sekitar rumah ata kebun.

Istilah hortikultura saat ini sering digunakan untuk menyebut beberapa jenis tanaman yang bisa dibudidayakan. Jadi prosesnya meliputi pembibitan, kultur jaringan, panen, pengemasan dan distribusi. Sistem hortikulturan sering digunakan dalam proses pertanian modern. Hortikultura terbagi menjadi beberapa jenis yakni Frutikultur, Florikultura, Olerikultura, Biofarmaka.

Jenis Tanaman Hortikultura

Tanaman Hortikultura

Jenis Tumbuhan Hortikultura – pixabay.com

Tumbuhan hortikultura banyak dijumpai di Indonesia diantaranya berupa sayuran, buah, daun atau hias, dan juga tanaman hias. Dari berbagai jenis tersebut tanaman hortikultura terbagi menjadi 4 bagian yakni Olerikultura, Florikultura, Frutikultur, Biofarmaka. Untuk penjelasan secara mendetailnya bisa Anda lihat di bawah ini.

Tanaman Sayur / Olerikultura

Kangkung Jenis Tanaman Hidroponik

kangkung – pixabay.com

Jenis tumbuhan hortikultura yang pertama adalah jenis tanaman sayur atau olerikultura. Tanaman jenis ini bisa dengan mudah dijumpai di sekitar lingkungan kita. Hal itu karena sayuran termasuk salah satu bahan yang digunakan sebagai bahan membuat sayur untuk dijadikan lauk-pauk. Secara umum tanaman sayuran dibagi menjadi dua yakni sayuran yang ditanam secara musiman dan tahunan.

Sayuran tahunan merupakan sayuran yang bisa ditanam sepanjang tahun dan tidak terikat dengan jenis musim dan lingkungan. Contoh sayuran yang bisa ditanam secara tahunan adalah jengkol, petai, melinjo dan jenis sayuran lain.

Sayuran musiman adalah jenis tanaman yang hanya bisa ditanamam pada musim tertantu dan tidak bisa ditanam selain musim tersebut. Contoh sayuran yang bisa ditanam secara musiman yakni kangkung, wortel, kol, kubis, bawang merah, bawang putih, lobak, cabe merah, cabe keriting, cabe rawit, tomat, terung, kacang panjang serta jenis tanaman sayur yang sejenis.

Tanaman Buah / Frutikultur

Menanam Mentimun dengan Sistem Hidroponik

Mentimun – pixabay.com

Tanaman buah merupakan jenis tanaman yang menghasilkan buah dan biasanya untuk menanamnya memerlukan beberapa syarat tertentu. Tanaman buah juga mempunyai masa berbuah, ada yang berbuah musiman, tapi ada juga jenis buah yang berbuah tahunan. Jenis tanaman buah yang berbuah secara musiman seperti semangka, jeruk, rambutan, stroberi, melon, dan beberapa jenis buah lainnya. Sedangkan untuk yang berbuah tahunan seperti pisang, nanas, salak, nangka, sawo, belimbing, dan mangga.

Tanaman Bunga / Florikultura

Tanaman Hias Bunga Anggrek

Tanaman Hias Bunga Anggrek via @pixabay.com

Tanaman bunga merupakan jenis tanaman yang biasa digunakan sebagai tanaman hias. Jenis tanaman hias bunga ada beraneka jenis dan rupa. Ada yang ditanam menggunakan pot seperti bunga mawar, melati, bunga kenanga dan beberapa jenis bunga lainnya. Ada juga yang ditumbuhkan menempel pada kulit pohon seperti bunga anggrek. Semua jenis tanaman tersebut memiliki fungsi utama yang sama yakni untuk menambah nilai estetika pada suatu taman atau ruangan.

Tanaman obat / Biofarmaka

Tanaman Obat dan Khasiatnya

Tanaman Obat dan Khasiatnya – pixabay.com

Jenis tanaman hortikultura yang terakhir adalah tanaman obat atau biasanya juga disebut dengan tanaman toga (tanaman obat keluarga). Tanaman obat bagi orang Indonesia tentu sudah tidak asing lagi, karena orang-orang zaman dahulu sudah sering menggunakan berbagai rempah sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit.  Selain itu tanaman-tanaman obat ini biasanya juga digunakan sebagai bahan untuk membuat kosmetik dan produk kecantikan lainnya. Contoh tanaman obat seperti lengkuas, temu lawak, kayu manis, bengkudu, brotowali, serai, dan masih banyak jenis tanaman obat lainnya. Untuk mengetahui lebih detail tantang tanaman obat, kamu bisa membaca artikel jenis tanaman obat dan manfaatnya bagi kesehatan.

Sampai disini dulu ya bahasan tentang pengertian dan jenis tanaman hortikultura, semoga artikel singkat ini bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada yang lain dengan membagikannya di sosial media yang Anda miliki.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});