13 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Kamu Tanam di Rumah

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman pengusir nyamuk merupakan salah satu solusi yang paling ramah lingkungan untuk menghilangkan nyamuk dari lingkungan tempat tinggal. Seperti yang diketahui, nyamuk merupakan salah satu hewan yang menyebabkan banyak pnyakit yang membahayakan manusia seperti malaria, demam berdarah dan lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk seperti fogging, mengunakan obat pengusir nyamuk dan menggunakan tanaman pengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk merupakan solusi alami yang paling aman dan tidak menimbulkan efek samping. Ya, terdapat jenis tanaman hias yang telah terbukti bisa mengusir nyamuk. Tanaman-tanaman tersebut biasa digunakan oleh orang zaman dulu sebelum ditemukan obat anti nyamuk.

Tanaman pengusir nyamuk ini biasanya ditanam di sekitar rumah atau langsung digosokan ke tubuh agar terhindar dari nyamuk. Penggunaan tanaman anti nyamuk juga lebih aman untuk keluarga. Karena obat anti nyamuk yang ada saat ini banyak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Tanaman Pengusir Nyamuk yang Ampuh

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Pengusir Nyamuk via @kebuntanamanhias.com

Selain bisa digunakan sebagai tanaman hias tanaman-tanaman ini ternyata berfungsi sebagai pengusir nyamuk yang sangat ampuh. Jadi kamu tidak perlu lagi menggunakan obat nyamuk yang memiliki zat kimia yang berbahaya untuk tubuh manusia. Dengan menggunakan tanaman ini, selain bisa mengusir nyamuk tentu bisa menghemat biaya. Berikut daftar tanaman pengusir nyamuk yang bisa ditanam di rumah.

Tanaman Anti Nyamuk Bunga Lavender

Bunga Lavender

Bunga Lavender via @pixabay.com

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini kan? Ya, bunga lavender memang sudah dikenal sebagai tanaman hias yang bisa digunakan untuk menangkal nyamuk. Terlebih, banyak produk anti nyamuk yang memakai bunga lavender sebagai bahan utama. Bunga lavender berasal dari kawasan penggunungan Alpen di Swiss. Kandungan linalool dan lynalyl acetate pada bunga ini menjadikan bunga lavender mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Konon bila nyamuk mencium bau bunga ini akan pusing dan menjauhi sumber bau.

Cara memanfaatkan bunga lavender sebagai anti nyamuk bisa dilakukan dengan cara menyuling kemudian memakai minyak hasil sulingan untuk diusapkan di sebagian tubuh. Tetapi bila tidak mau susah, kamu bisa langsung mengosokan bunga ini pada area kulit yang terbuka. Sedang untuk mengusisr nyamuk yang ada di sekitar rumah, kamu bisa menanam bunga lavender di sebuah pot dan menjadikannya sebagai tanman hias.

Bunga Geranium

Bunga Geranium

Bunga Geranium via @pixabay.com

Tanaman pengusir nyamuk selanjutnya adalah bunga geranium. Bunga ini di Indonesia lebih dikenal dengan nama tapak dara. Kandungan zat geraniol dan sitronelol pada bunga geranium dipercaya sangat ampuh untuk mengusir nyamuk.

Kedua zat tersebut biasanya akan sangat mudah menyebar terbawa angin sehingga akan membuat ruangan di sekitarnya dipenuhi bau bunga ini. Kamu bisa meletakan bunga ini di tempat yang mudah tertiup angin sehingga akan aromanya menyebar dengan cepat memenuhi ruangan.

Tanaman Rosemary

Tanaman Rosemary

Tanaman Rosemary via @pixabay.com

Rosmarinus officinalis atau dikenal dengan sebutan rosemary merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini mempunyai aroma seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Karena aroma khas yang dimiliki rosemary sangat ampuh untuk mengusir nyamuk.

Kamu bisa menanam bunga rosemary langsung di tanah atau menggunakan pot. Ketika menanam tanaman ini pastikan agar rosemary mendapat cahaya matahri yang cukup agar pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik. Selain menggunakan daunnya, kamu juga bisa memanfaatkan bunganya dengan cara digosokan ke kulit agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Bunga Zodia

Bunga Zodia

Bunga Zodia

Bagi orang yang tinggal di Papua mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini. Ya, orang papua bisa menggunakan tanaman ini untuk digosokan di tubuh mereka sebelum berburu ke hutan. Karena tanaman ini dipercaya bisa melindungi mereka dari gigitan serangga dan nyamuk.

Kandungan zat evodiamine dan rutaecarpine pada tanaman ini sangat berperan dalam melindungi diri dari gigitan serangga dan nyamuk. Selain digosokan secara langsung pada tubuh, kamu juga bisa menanam tanaman ini di sekitar rumah. Aroma tanaman zodia akan menyebar ke udara sehingga bisa membuat nyamuk akan menjauh dari rumah.

Artikel Terkait : Jenis Tanaman Hias Daun yang Populer di Indonesia

Citrosa Mosquito

Citrosa Mosquito

Citrosa Mosquito via @hutchinsonfarm.ca

Bentuk daun yang unik serta warna bunga yang indah, tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias. Selain itu citrosa mosquito memiliki aroma lemon yang sangat kuat. Aroma tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk dan serangga sehingga sangat cocok untuk dijadikan tanaman pengusir nyamuk.

Cara menanam tanaman ini cukup mudah, yakni dengan rutin menyiram dan memberinya sinar matahari secara teratur. Sayang tanaman ini masih jarang dijumpai di Indonesia, bila ingin memilikinya kamu harus mengiimpor dari negara asalnya Belanda.

Serai Wangi

Sereh Wangi

Sereh Wangi via @pertanianku.com

Tanaman rempah ini sudah sangat familiar dengan orang Indonesia karena sering digunakan sebagai bumbu dapur. Selain sebagai penyedap masakan, ternyata tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Hal ini karena di dalam serai wangi mengandung zat geraniol dan sitronelal yang tidak disukai oleh nyamuk.

Karena tanaman ini tidak cocok ditanam di pot, untuk menanamnya kamu harus menyediakan lahan tanah. Tanaman ini bisa tumbuh subur di kebun atau pekarangan. Meskipun tidak dilakukan perawatan khusus, tanaman ini bisa tumbuh sendiri dengan baik. Hal ini karena tanaman ini sangat cocok dengan iklim di Indonesia.

Akar Wangi

Akar Wangi

Akar Wangi via @ilmci.com

Tanaman ini mempunyai kemiripan dengan serai wangi, baik dari segi bentuk dan juga sifat tanaman. Akar wangi biasanya tumbuh liar di sekitar pekarangan rumah seperti tanaman rumput. Tanaman ini mempunyai bau yang sangat kuat sehingga membuat nyamuk dan serangga pergi karena tidak kuat dengan baunya. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman pencegah demam berdarah karena nyamuk Aedes Aegypy tidak menyukai aroma dari akar wangi.

Bunga Kecombrang

Bunga Kecombrang

Bunga Kecombrang via @pixabay.com

Tumbuhan yang memiliki nama latin Etlingera eliator merupakan tanaman bunga yang cukup populer di Indonesia. Tanaman ini mempunyai banyak julukan di berbagai derah di Indonesia. Di Sunda tanaman ini disebut katan sedangkan di Medan disebut kincung.

Biasanya bunga atau biji tumbuhan ini digunkan sebagai bumbu pelengkap masakan seperti pepes, sambel, dan lainnya. Warna yang bagus dari tumbuhan ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias. Fungsi lain dari tumbuhan ini adalah bisa dijadikan tanaman pengusir nyamuk, yakni dengan menanamnya di sekitar rumah.

Mitrosa Of Lady Diana

Tanaman Mitrosa Of Lady Diana

Tanaman Mitrosa Of Lady Diana VIA @dammar-asihan.blogspot.com

Nama tanaman ini sungguh unik ya, hampir sama dengan nama istri Pangeran Charles. Tanaman yang masih jarang ditemui di Indonesia ini juga sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman yang berasal dari Belanda ini memiliki aroma yang sangat kuat, sehingga nyamuk enggan untuk mendekatinya.

Tanaman Selasih

Tanaman Selasih

Tanaman Selasih via @pixabay.com

Tanaman ini merupakan salah satu jenis rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan Indonesia. Selain digunakan sebagai bumbu masakan dan lalapan, tanaman ini ternyata sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini bisa tumbuh liar di sekitar rumah tanpa harus dilakukan perawatan khusus.

Pohon Suren, Tanaman Pengusir Nyamuk

Pohon Suren Sebagai Pengusir Nyamuk

Pohon Suren Sebagai Pengusir Nyamuk via @resep2sehat.blogspot.com

Suren merupakan jenis pohon yang terkenal karena khasiatnya untuk mengusir nyamuk dan serangga. Daun dan kulit pohon ini mengandung zat surenom, surenolakton, dan surenin yang bisa mengusir hewan tersebut. Pohon ini banyak dimanfaatkan oleh petani untuk mengusir hama yang menyerang tanaman mereka.

Lidah Buaya

Lidah Buaya untuk Mengobati Gigitan Nyamuk

Lidah Buaya untuk Mengobati Gigitan Nyamuk via @mahkotamu.com

Tanaman yang satu ini memang memiliki sejuta manfaat. Selain bermanfaat untuk kulit dan rambut, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Bila kamu merasa gatal karena gigitan nyamuk, bisa mengoleskan gel lidah buaya pada area tersebut agar rasa gatalnya segera hilang. Jika kamu ingin membudidayakan tanaman ini bisa membaca artikel cara menanam dan budidaya lidah buaya.

Marigold

Bunga Marigold

Bunga Marigold via @pixabay.com

Marigold merupakan bunga yang berasal dari negara Mesiko dan Guatemala. Di Indonesia tumbuhan ini mendapat sebutan bunga Tai Ayam karena warnanya yang mirip dengan kotoran ayam. Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini banyak ditanam di pinggir jalan.

Selain indah dipandang mata, ternyata bunga Marigold sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini bisa kamu tanam di pot sebagai tanaman hias sekaligus tanaman pengusir nyamuk.

Itulah beberapa tanaman yang bisa kamu gunakan untuk mengusir nyamuk yang mengganggu. Kamu bisa menanamnya di pekarangan rumah, atau menanamnya di pot untuk dijadikan tanaman hias.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});