Cara Menanam Bunga Mawar Dalam Pot dengan 3 Langkah Mudah

Cara Menanam Bunga Mawar Merah

Cara menanam bunga mawar dengan metode stek banyak dilakukan oleh para petani dalam budidaya bunga mawar. Cara ini relatif mudah dilakukan dan memiliki tingkat keberhasilan yang cukup besar dibandingkan dengan cara yang lain. Walaupun tidak semudah yang ada di dalam panduan tapi bila kamu mengikuti langkah-langkah yang diajarkan akan memperbesar tingkat keberhasilan dalam budidaya bunga mawar.

Bunga mawar banyak diminati oleh masyarakat karena mempunyai warna dan bentuk bunga yang indah. Selain warna yang beragam, bunga ini juga memiliki bau yang harum sehingga banyak digandrungi oleh kaum hawa. Oleh karena itu bunga ini banyak digunakan sebagai hiasan di berbagai acara.

Cara Menanam Bunga Mawar Merah

Cara Menanam Bunga Mawar Merah @pelangsing.obatpenyakit.co.id

Cara Menanam Bunga Mawar di Dalam Pot

Bagaimana cara menanam bunga mawar agar bisa tumbuh dengan baik? Menanam bunga ini di dalam pot tidaklah terlalu sulit, yang diperlukan adalah kemauan dan keinginan kuat untuk belajar. Hal ini karena dalam proses penanaman dan perawatan bunga mawar harus diperlakukan secara khusus. Selain menjaga kebutuhan nutrisi, kamu juga harus memperhatikan kebutuhan air tanaman ini. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan budidaya bunga mawar.

Persiapan Bibit Bunga Mawar

Cara Menanam dan Budidaya Bunga Mawar dengan Bibit Stek

Cara Menanam dan Budidaya Bunga Mawar dengan Bibit Stek @infoagribisnis.com

Langkah awal dalam menanam bunga mawar adalah mempersiapkan bibit yang berkualitas. Bila kamu ingin tidak memiliki waktu lebih untuk proses pembibitan, kamu bisa membeli bibit bunga mawar yang banyak dijual di tempat penjual bunga. Pilihlah bibit yang bagus dan tidak ada tanda-tanda terkena penyakit.

Bila kamu ingin melakukan pembibitan sendiri bisa mencoba menggunakan metode stek. Pilihlah batang bunga mawar yang sudah cukup tua kemudian potong dengan menggunakan pisau yang bersih sepanjang 10 cm. Siapkan media semai dari polybag atau pot yang telah diisi campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 2:1. Dinginkan media semai dengan cara diangin-anginkan selama 15 hari.

Buatlah lubang pada media semai dengan ukuran 3 atau 4 cm. Langkah selanjutnya adalah memasukan batang bunga mawar yang telah distek ke dalam media semai secara perlahan agar kulitnya tidak rusak. Tutup lubang dengan tanah kemudian letakan pada tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung atau hujan.

Membuat dan Menyiapkan Media Tanam Bunga Mawar

Media tanam yang digunakan untuk menanam bunga mawar di dalam pot adalah campuran pupuk kandang, pasir dan tanah dengan perbandingan 1:4:4. Aduk semua media di atas sampai tercampur rata kemudian biarkan sampai 15 hari. Gunakan pupuk kadang yang sudah difermentasi atau pupuk yang sudah lama (matang).

Untuk medianya kamu bisa menggunakan pot atau polybag tapi disarankan menggunakan pot yang terbuat dari tanah. Karena pot ini memiliki sistem drainase yang baik. Untuk ukuran pot kamu bisa menyesuaikan sesuai keinginan kamu. Tapi jangan menggunakan pot yang terlalu kecil karena akan mengganggu pertumbuhan tanaman ini. Gunakan pot dengan ukuran minimal 25 cm.

Menanam Bunga Mawar pada Media Tanam

Tanam Bunga Mawar

Tanam Bunga Mawar @bunga-mawar.com

Bila bibit bunga mawar sudah mulai tumbuh, itu merupakan sinyal bahwa tanaman telah siap dipindahkan ke dalam media tanam. Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mengisi dasar media tanam dengan pecahan genting agar air yang keluar dari media tanam tidak terlalu becek. Isi pot dengan media tanam (campuran tanah, pupuk kandang dan pasir) sampai setengah bagian, kemudian masukan bibit bunga mawar tepat di tengah-tengah pot. Setelah itu tambahkan media tanam kembali sampai pot penuh.

Kemudian tekan media tanam secara berlahan agar bibit bunga bisa berdiri dengan tegak dan tidak mudah roboh saat disiram. Setelah selesai menanam letakan pot pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung sekitar satu minggu sampai tanaman siap sepenuhnya terkena sinar matahari secara langsung.

Perawatan dan Pemeliharaan Bunga Mawar

Perawatan Paska Menanam Bunga Mawar

Perawatan Paska Menanam Bunga Mawar @tatakebun.blogspot.com

Perawatan pada budidaya bunga mawar dalam pot meliputi penyiangan dari tanaman pengganggu dan juga penyiraman air secara teratur. Siram tanaman secara berkala, bisa satu atau dua kali sehari. Hal ini bergantung pada kondisi media tanam, jangan menyiram berlebihan karena bila media tanam basah akan menyebabkan akar tanaman cepat membusuk.

Agar bunga mawar yang kamu tanam bisa tumbuh dengan subur maka kebutuhan unsur hara pada tanaman harus terpenuhi dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pupuk sebagai sumber nutrisi. Untuk pemupukan bisa menggunakan pupuk kadang dengan cara menaburkan di sekitar tanaman. Usahakan agar pupuk tidak menyentuh batang tanaman secara langsung.

Selain pupuk kandang kamu juga bisa memberikan pupuk NPK, caranya bisa dilakukan dengan melarutkan pupuk pada air kemudian lakukan penyiraman dengan air tersebut. Takaran pemberian pupuk adalah 1 sendok NPK dilarutkan ke dalam 5 liter air kemudian kocorkan 200 ml untuk setiap tanaman. Pemupukan ini bisa kamu lakukan setiap 15 sampai 20 hari sekali.

Itulah cara menanam bunga mawar dalam pot dengan cara stek. Untuk menghemat pupuk, kamu juga bisa memanfaatkan limbah dapur sebagai pupuk tanaman bunga mawar. kamu bisa menggunakan ampas teh atau air cucian beras(air leri) sebagai pupuk organik. Ampas teh yang sudah dingin ditaburkan di sekeliling tanaman, sedangkan air leri bisa di aplikasikan dengan penyiraman atau penyemprotan ke daun tanaman. Semoga bermanfaat.