Cara Mencangkok Tanaman dengan Cara yang Mudah

Cara Mencangkok Tanaman

Cara Mencangkok Tanaman – Untuk mendapatkan bibit unggul bisa dilakukan dengan cara mencangkok tanaman yang sudah cukup dewasa. Pencangkokan pada tanaman merupakan salah satu teknik pengembangbiakan vegetatif buatan. Teknik ini biasa sering digunakan pada tanaman berbuah. Salah satu keunggulan dari pencangkokan adalah bisa mendapatkan anakan yang memiliki sifat yang sama dengan indukan. Hal ini sangat bertolak belakang dengan pengembangbiakan dengan biji, karena anakan yang dihasilkan seringkali berbeda dengan induknya.

  • Keuntungan mengembangkan tanaman dengan sistem pencangkokan adalah sebagai berikut.
  • Tanaman lebih cepat berbuah dibandingkan dengan tanaman yang dikembangkan dengan teknik biji.
  • Tanaman hasil cangkok biasanya mempunyai karkater dan sifat sama seperti indukan
  • Cara mencangkok tanaman bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan prkatis
  • Tanaman hasil cangkokan bisa ditanam pada tanah yang posisinya lebih tinggi atau pada pematang sawah

Sebelum melakukan proses pencangkokan kamu bisa memperhatikan beberapa hal diantaranya waktu yang tepat untuk mencangkok. Biasanya pencangkokan dilakukan pada awal musim hujan dan pagi hari. Hal ini bertujuan agar ketersediaan air dan kelembaban cangkok bisa terjaga dengan baik, selain itu bisa membantu proses fotosintesis secara optimal.

Panduan Teknik Cara Mencangkok Tanaman

Sebelum kita masuk pada bagaimana cara mencangkok yang baik, terlebih dahulu siapkanlah peralatan yang dibutuhkan untuk proses pencangkokan seperti tanaman induk, pisau cangkok yang tajam, media cangkok (campuran antara pupuk kandang, tanah subur, dan kompos), tali untuk mengikat media cangkok, pembungkus cangkok (bisa menggunakan plastik atau serabut kelapa), zat pengatur tumbuhan (auksin atau sitokinin)) dan tangga untuk memudahkan mencangkok pada tanaman dengan cabang yang tinggi.

Artikel Terkait : Cara Menanam Jahe Merah dengan Media Polybag

Setelah semua alat terpenuhi sekarang kita akan masuk pada langkah-langkah mencangkok tanaman.

Batang Pohon yang Akan Dicangkok

Pilihlah cabang pohon yang sehat dan vigor. Pilih cabang yang mempunyai struktur tegak simetris untuk dicangkok. Cabang pohon yang Anda pilih akan mempengaruhi kualitas anakan yang dihasilkan. Oleh karena itu pastikan cabang yang dicangkok benar-benar cabang yang memiliki kualitas terbaik.

Kupas Kulit Untuk Mencangkok

Buat sayatan pada kulit cabang atau ranting secara melingkar. Posisi sayatan minimun 10 cm dari pangkal cabang. Pajang sayat sekitar 3-5 cm tergantung dari diameter cabang yang akan dicangkok. Ketika membuat sayatan jangan terlalu dalam karena akan melukai bagian dalam cabang.

Bersihkan Lendir pada Cabang yang Telah Dikupas

Lepaskan kulit kayu yang disayat tadi dengan hati-hati. Jangan sampai melukai jaringan kayu yang dicangkok. Karena bila jaringan kayu terluka akan mengakibatkan kegagalan dalam proses pencangkokan.

Cara Mencangkok Bagian Cabang Pohon

Setelah kulit kayu berhasil dimabil, langkah pencangkokan selanjutnya adalah membersihkan lendir kambium hingga kering dengan cara mengeroknya menggunakan pisau cangkok sampai bersih. Gunakan pisau yang tidak terlalu tajam supaya tidak sampai melukai jaringan kayu.

Berikan Obat untuk Merasang Pertumbuhan Akar

Oleskan auksin atau kombinasi antara sitokinin dan auksin yang sudah dilarutkan dengan air pada bagian keretan bagian atas yang akan menjadi tempat tumbuhnya akar tanaman.

Tutup dengan Media Cangkok

Basahi bekas keratan dengan menggunakan air agar lebih lembab, kemudian tutup dengan menggunakan media cangkok.

Tutup dengan Media Cangkok

Pastikan bidang cangkokan tertutup sempurna oleh media cangkok dan kelembaban media harus selalu dijaga dengan baik sampai cangkokan keluar akar. Bungkus cangkokan dengan menggunakan plastik transparan atau bisa juga menggunakan sabut kelapa.

Biasanya cangkokan akan mengeluarkan akar dalam waktu 2-3 bulan tergantung pada jenis tanaman yang dicangkok. Bila cangkokan sudah mengeluarkan akar, itu berarti bahwa pencangkokan telah berhasil. Potong bagian cabang yang dicangkok kemudian bibit telah siap untuk di tanam di tanah. Untuk lebih jelas mengenai cara cangkok tanaman mangga bisa melihat videonya di sini.